Langsung ke konten utama

Sehari bersama Babe Idin di Sangga Buana

Bismillahirrahmaanirrahiim...



Assalamu'alaikum Wr Wb, teman teman ....^^


Yeeeee, jalan-jalan! Bukan jalan-jalan biasa loh. Tapi, luarrrr biiiaaassaaaa. Hari Sabtu/ 13 April 2013 lalu, Saya dan teman-teman sekelas (AS12A) jalan-jalan bin kunjungan ke Sangga Buana Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta, Indonesia (wihh, lengkap amat).  Sesampai di sana kami langsung di sugguhkan pemandangan hijau. Dan mau tau hal pertama apa yang kami lakukan? Yap, foto-foto (hehe, jepret sana, jepret sini). Habis foto-foto, kami menuju tempat Haji Chaerudin atau biasa disapa dengan Bang Idin/Babe Idin. Beliau lah yang membuat Kali Pesanggrahan yang dahulu sungainya kotor dan banyak sampah. Kini menjadi bersih dan pohon-pohonnya yang hijau dan rindang. Dan sekarang Babe Idin tidak sendiri, beliau bersama Kelompok Tani Sangga Buana berusaha untuk terus menjaga Kali Pesanggrahan. 



Kunjungan kami bukan sembarang kunjungan. Tentu kami punya tujuan. Terkait Mata Kuliah Manajemen Syariah tentang Leadership. Banyak hal yang ingin kami ketahui dan pelajari dari semangat Babe Idin, motivasi beliau dan cara beliau bisa membuat Kali Pesanggrahan WOW bin WAW!

Kami pun diantar oleh kaka-kaka relawan ke pendopo. Setalah menuggu cukup lama, akhirnya Babe Idin pun datang dengan kendaraanya yang lagi-lagi bikin kami WAW (hehe). “Babe Idin menunggangi kuda? Subhanallah, keren!” ucap saya yang hampir setengah tidak percaya. (Jadi, pengen nunggangi kuda ^_^)

Babe Idin dan Kudanya :D
Disana Babe Idin memberikan semangat buat kami untuk memiliki Mentalitas JAWARA. Mentalitas JAWARA adalah Sabar, Tawadhu dan Ikhlas. Selain itu, Babe Idin juga menerangkan, bahwa Orang Pintar belum tentu Paham, tapi Orang Paham sudah tentu Pintar. Kata-katanya sederhana, tapi ‘nyes’ ngena banget. Kami pun akhirnya paham, sebagai mahasiswa kami haruslah menjadi mahasiswa yang memiliki intelektual paham. 

Babe Idin juga mengingatkan Alam ini bukanlah warisan, tetapi titipan anak cucu. Dan pesan Babe Idin yang lebih dari ‘nyes’ menurut saya adalah Almamater bukan untuk mencari kerja, tetapi senjata untuk menciptakan kerja. Nah tuh, misinya para mahasiswa. Apalagi kami yang fokus di ekonomi. SEMANGAAAAT...!!!

Setelah makan siang dan shalat zuhur, saya dan teman saya Oca masih penasaran dengan kaka-kaka relawan di Kali Pesanggrahan. Alhamdulillah akhirnya kami berdua mendapatkan kesempatan untuk bertanya. Karna pertanyaan-pertanyaan ini seolah-olah sudah muter-muter di kepala, ingin segera menemukan jawabannya. Dengan senang hati Kak Vitha dan Yeni pun mau berbagi dengan kami.

Ternyata eh ternyata, Kak Vitha adalah salah satu mahasiswa jurusan Manajemen yang sudah sejak SMA menjadi relawan di Kali Pesanggrahan loh (wih, hebat ya). Alasan Kak Vitha menjadi relawan adalah karena kecintaannya pada lingkungan dan kelinci salah satunya. Jadi, dengan senang hati Kak Vitha selalu membersihkan kandang kelinci dan merawat mereka. Hal-hal unik pun tentu Kak Vitha dan Yeni pernah alami, mulai dari kelinci yang lepas sampai kuda. Wah, bisa kebayang tuh hebohnya seperti apa. Sama halnya seperti Yeni, siswi kelas 3 SMK ini juga sangat suka dengan lingkungan yang bersih dan asri. Dan tentunya semua ini mereka lakukan benar-benar dari lubuk hati mereka yang paaaaliiiing dalam, hehe (lebay sedikit ya). 

Kiri: Yeni, Kak Vitha dan saya
Wah, jalan-jalan bin kunjungan hari itu benar-benar membuat saya mempunyai ide dan semangat untuk menjadikan kampung halaman mama dan ayah saya di Sambas, Kalimantan barat menjadi tempat wisata alam yang indah. Aamiin. Doa in ya...! ^^

Terima kasih Ya Allah, engkau memberikan saya dan teman-teman saya kesempatan untuk banyak belajar melalui Babe Idin. 
Semoga kami dapat selalu menjaga alam-Mu, ciptaan-Mu.
Oya, terima kasih juga buat Kak Vitha dan Yeni ya....
:D
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satu Hari Explore Korea di Jakarta

Satu Hari Explore Korea di Jakarta -  Annyeong haseyo.  Welcome back to my blog. Untuk pendahuluan, saya ingin menjelaskan bahwa saya termasuk pencinta Korea. Tapi lebih ke tourism dan budaya. Mengenal dan belajar langsung budaya Korea di negaranya menjadi salah satu impian terbesar. Merasakan pengalaman empat musim di Negeri Kimchi selalu terbayang-bayang di kepala. Sambil menunggu belajar ke negeri aslinya, saya bisa mengenal lebih dahulu budaya negeri K-Pop ini di negera tercinta. Indonesia. Ya, selagi bisa dijangkau dompet dan badan (baca: gak jauh dari tempat tinggal). Jadi, hari Sabtu lalu saya bersama dua orang sahabat saya (juga Korea Addict) berangkat dari kosan menuju Korea Cultural Center Indonesia (KCCI). Soalnya disana lagi ada event Hanbok New Experience dengan teknologi green-screen (chroma key). Itu loh yang bisa pilih background lewat komputer. Nah berita bagusnya, disana kami berksempatan untuk memakai pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok sec

Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi

Special Class: Chuseok Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi Annyeonghaseyo …. *membungkukkan badan :) Sebelumnya saya pernah curhat  menceritakan impian pada postingan: Merayakan Usia Baru: Menciptakan Impian.  Tentu traveling ke Negeri Kimichi juga menjadi impian beberapa orang, bukan? Negeri yang memiliki keindahan alam dan keunikan budaya. Salah satu kebudayaan Korea yang terkenal adalah Kaligrafi . Nah, kebetulan 25 September lalu saya mengikuti special class (kelas kaligrafi Korea) dalam memperingati Chuseok di Korean Cultural Center . Dan ceritanya telah saya tuliskan di postingan ini.

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan - Assalamu’alaikum. Hello semuanya. Cerita di blog post kali ini adalah kisah perjalanan Bee dalam rangka menemani para pemenang Lomba Blog Cheria Halal Holiday yaitu Khairul Leon, mas Ali dan Mba Septi. Selain itu ada juga mba Evrina. Sayangnya Mba Desi Namora dan Ahmad Niam berhalangan ikut.