Jumat, Juni 05, 2015

[Part 2-End] Cinta Dan Mimpi Ku di Finlandia

Di part 1, telah saya certiakan bagaimana budaya dan tradisi di Finlandia. Maka selanjutnya saya beralih mencari informasi-informasi tentang kuliah dan perkembangan islam di Finlandia.


Kuliah Gratis di Finlandia

Bagaimana jika kuliah disana? Mengingat saya sudah semester 6 dan memiliki mimpi (lagi) untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri. 

Saya pun mulai browsing berbagai artikel seputar kehidupan mahasiswa Indonesia yang kuliah di Finlandia.

Akhirnya saya menemukan dua artikel menarik dari mbak Bernadetta Aloina Ginting dan mbak Raihana D. Nugrahany. Mereka berdua adalah warga Indonesia yang pernah mengenyam pendidikan kuliah di Finlandia. 

Berikut hasil ringkasan wawancara mereka yang menceritakan kehidupan mereka selama berkuliah di negeri aurora ini.

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya bahwa biaya pendidikan di Finlandia 100% dibiayai oleh pemerintah termasuk kuliah. Meskipun begitu Mbak Aloina dan Raihana sama-sama mengakui, biaya hidup di Finlandia sangatlah tinggi.



http://www.berkuliah.com/2014/09/aloina-ginting-senangnya-kuliah-gratis.html?m=1
Ini foto mbak Aloina.
http://www.berkuliah.com/2014/12/raihana-d-mahasiswa-yang-kuliah-di-finlandia-nyamannya-selangit.html?m=1
Dan yang ini mbak Raihana

Namun mereka tidak perlu khawatir karena terdapat banyak keringanan bagi pelajar. Sehingga mereka dapat bertahan hidup di Finlandia. Seperti potongan setengah harga untuk transportasi dengan menggunakan travel card, diskon untuk kereta jarak jauh, hanya €26 makan di kantin universitas, diskon menggunakan fasilitas olahraga dan untuk penginapan tersedia student apartement dengan harga yang terjangkau. Selain itu pelaja jugar diizinkan untuk menambah pemasukan dengan cara berkerja maksimal 25 jam/minggu.

Sedangkan kesulitan serta perbedaan yang Mbak Aloina dan Raihana rasakan selama belajar di Finlandia berbeda-beda. 

Mbak Aloina memaparkan perbedaan utama yang ia rasakan saat kuliah di sini adalah menemukan niat dan motivasi mengerjakan thesis. Mbak Aloina menceritakan bahwa dosen pembimbingnya terkesan cuek. Dimana sang dosen pembimbing tidak akan mengirimkan email menanyakan progress. Jadi apabila mahsiswa tidak melapor atau bertanya, maka tidak ada pula komunikasi dari dosen tersebut. Sungguh sangat berbeda saat ia menyelesaikan skripsi S1 di Indonesia. Apabila tidak ada laporan atau progress dari mahasiswa, sudah tentu dicari dan ditegur sang dosen.

Berbeda dengan Mbak Aloina, kesulitan yang dialami Mbak Raihana adalah cuaca. Apabila musim dingin tiba, tidak jarang badai salju dan dinginnya cuaca bisa mencapai -25C membuat ia mager alias malas gerak keluar rumah untuk pergi ke kampus.

Terkait sistem pengajaran di sini sangat mendukung interaksi dua arah antara dosen dan mahasiswa. Jadi apabila mahasiswa tidak mengerti akan materi yang diberikan dosen, mahasiswa dapat bertanya ketika dosen menerangkan. Jika kurang puas dengan penjelasan di kelas, mahasiswa juga dapat mengirimkan email kepada dosen tersebut untuk bertanya atau meminta waktu dan mengatur jadwal bertemu secara langsung untuk membahas materi yang kurang dimengerti.


http://id.m.wikipedia.org/wiki/Universitas_Helsinki
Ini dia university of helsinki
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Aalto_University
Dan ini adalah Aalto University in Helsinki

Jika anda bertanya bagaimana kehidupan di Finlandia? Apakah aman? 
Maka menurut saya jawaban dari Mbak Raihana sangat tepat untuk pertanyaan tersebut. Mbak Raihana menjelaskan bahwa Finlandia adalah negara yang memiliki fasilitas yang nyaman, masyarakatnya tertib dan minimnya tingkat kriminalitas. 

Untuk kenyamanan di Finlandia, Majalah Moncle bahkan mengklaim Helsinki sebagai kota terbaik di dunia. Dan survei kelayakan hidup oleh The Economist menyatakan bhawa Finlandia adalah sebagai destinasi ideal dengan kualitas hidup terbaik ketujuh di dunia

Bukan hanya itu saja berdasarkan survei Gallop menyataka bahawa Finlandia merupakan negara paling bahagia kedua di dunia pada laporan tahunan 2010. Serta Rangking satu dalam indeks Kebebasan Pers. Dan menurut Newsweek adalah rangking satu dalam sistem pendidikan terbaik dunia.


Islam di Finlandia

Setelah asyik membaca artikel budaya dan kuliah di Finlandia, saya pun tergelitik untuk mencari informasi perkembangan islam di sana. 

Saya akui sedikit sulit menemukan informasi dan artikel tentang kehiduapan islam di finlandia melalui google search atau komunitas muslim finlandia di facebook. Mungkin karena masih sedikitnya orang-orang yang menuliskan tentang negeri seribu danau ini.

Berdasarkan newswwek, fundforpeace dan prosperity menyatakan bahwa Finlandia adalah one of the world’s most peaceful, competitive and livable countires. Dimana penduduk Finlandia 90% menggunakan bahasa Finnish atau Suomi dan 5,4% Swedia.

Masjid-masjid di Finlandia berjumlah 18 masjid atau lebih tepatnya ‘bukan-masjid’ karena sebagian besar merupakan bangunan yang dialih fungsikan menjadi sebuah masjid. 

Berdasarkan sejarah, islam masuk ke Finlandia tahun 1870-1920. Asosiasi muslim finlandia (Finnish Islamic Association) pertama kali terbentuk tahun 1925. Tahun 1996 terbentuk lagi komunitas muslim baru bernama The Federation Of Islamic Organization in Finland

Selain itu ada pula The Islamic Society Of Finland tahun 1987 dan The Helsinki Islamic Center yaitu sebagai sekolah al-qur’an dan masjid. Di bulan Ramadhan, muslim di Finlandia berpuasa selama 20-21 jam. Dimana di Indonesia hanya berpuasa selama 14 jam.

Demikian cerita dan reportase saya mengenai Finlandia. Semoga apapun hasil dari Finland Foreign Correspondents’ Progrmme adalah yang terbaik untuk saya. Dan dapat saya terima dengan lapang dada dan bijaksana. 

Saya teringat oleh pesan adik kelas saya yang ia kutip dari salah satu dosen di kampus, “Jika kita terpilih atau berhasil, itu bukan karena kita memang hebat. Tapis bisa jadi ada seseorang yang lebih baik dari kita yang saat ini tidak ikut mendaftar. Jika kita terpilih atau berhasil, itu bukan karena kita tidak bagus. Tapi karena memang ada orang yang lebih layak daripada kita.”

Baca juga: [Part 1] Cinta dan Mimpiku di Finlandia

Sumber referensi dan foto:
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Aalto_University

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Universitas_Helsinki

http://www.berkuliah.com/2014/09/aloina-ginting-senangnya-kuliah-gratis.html?m=1

http://www.berkuliah.com/2014/12/raihana-d-mahasiswa-yang-kuliah-di-finlandia-nyamannya-selangit.html?m=1

http://m.republika.co.id/berita/ramadhan/puasa-mancanegara/12/08/18/m8xxdi-nikmatnya-berislam-di-finlandia

21 komentar:

  1. Suka banget dengan pesan adik kelasnya mbak......menyejukkan. dg membaca tulisan ini jd ngebayangin anakku suatu saat nanti bisa studi disini...mimpi dulu gpp kan hehehe...siapa tahu Alloh mengabulkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. :) betul mbak.. mimpi aja dulu. Siapa tau Allah bilang kun faa yaa khun.. :)

      Hapus
  2. saya punya sahabat tinggal di finlandia sekarang karena dia menikah sama orang sana. Konon katanya, puasa di sana hampir 20 jam sehari. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau dong jodoh orang sana *eh* hehe...

      Iya mbak rani, disana katanya puasa hampir 20-21 jam..

      Hapus
  3. Wah, impian besar ini... Semoga hasilnya yg terbaik buatmu buatmu yaa... Aamiin... :)

    BalasHapus
  4. Kalau ada orang yang berhasil sekolah di luar negeri dg beasiswa aku selalu merasa takjub, trus jadi mrinding2 sendiri gitu...Aku kapan ya? :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mbak.. tmn2 saya bisa exchange dan beasiswa ke luar negeri. Di dlm hati saya selalu ngomong, kapan giliran saya...???

      Hapus
  5. semoga terwujud ya mb impiannya . aamiin

    BalasHapus
  6. jadi pengen sekolah disana...
    namun otak saya pas-pasan apalagi bahasa inggris saya...
    hiks sediiih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa belajar b.ing dr sekarang kok gan... ayo ayo sekolah disana *spirit on* :D

      Hapus
  7. artikel yang keren *jempol*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... terima kasih mbak sudah mampir :)

      Hapus
  8. Finland salah satu negara yg pernah ditinggalin ama keluarga suamiku, krn mertuaku pernah jd diplomat di sana... memang enak bgt sekolah di sana kata suamiku... kakak iparku yg smpet ngerasain kuliah S2 di Joensuun Yliopisto . Ah, tapi aku pgn kesana utk liburan aja mba ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liburan kesana ajak-ajak saya dong mbak.... :D

      Hapus
  9. semoga sgala impianmu cepat kewjud kk. sukses slalu:)

    BalasHapus