Langsung ke konten utama

[Part 1] Salam Cinta dari Tiga Negara

Assalamu’alaikum Wr Wb

Ramadhan telah usai. Beragam cara telah umat muslim lakukan demi melaksanakan ibadah puasa dengan satu tujuan yaitu kemenangan. Berbagai aktivitas tetap  dijalani sembari berpuasa. Ada yang sambil berbisnis kue kering, magang, kerja atau menikmati liburan bersama keluarga dan teman. Ngabuburit atau bukber (buka puasa bersama) dengan keluarga dan teman tentu sudah menjadi agenda ramadhan di kalangan masyarakat. Kentalnya suasana Ramadhan di Indonesia salah satunya dapat terlihat dari banyaknya pasar juadah yang menjual berbagai macam kue dan minuman untuk melepaskan dahaga serta lapar. 

Tapi bagaimana suasana Ramadhan di negara lain? Apakah semeriah di Indonesia? Terus bagaimana perkembangan Islam di luar negeri seperti di Jepang, Korea dan Finlandia?

Berikut hasil reportase saya dari hasil browsing dan berselancar di dunia social media:


Indahnya Islam di Negeri Sakura



Sebelumnya saya pernah menuliskan bebrapa destinasi impian saya di Jepang dengan Judul ‘Salju Pertama Impian Saya di Jepang’. Salah satu tempat yang ingin saya kunjungi disana adalah Tokyo Camii dan Masjid Kobe. Masjid Kobe adalah masjid tertua Jepang dan terletak di distrik Kitano, Kobe. Sedangkan Tokyo Camii terletak di Yoyogi Uehara. Tokyo Camii bukan hanya sebagai masjid, tapi juga sebagai Islamic Center of Japan atau semacam sekolah yang mengajarkan studi islam, bahasa Arab, kaligrafi dan karate. Cerita lengkapnya klik>>>DISINI.

Negeri sakura ini ternyata tidak hanya indah, tapi juga ramah untuk muslim yang tinggal ataupun berkunjung kesana. Fasilitas yang diberikan pemerintah Jepang seperti ruangan shalat juga sangat membantu dan memudahkan umat muslim dalam menjalankan ibadah shalat. Salah satunya berada di Bandara Internasional Narita Jepang. Berdasarkan artikel dari japanesestation.com, lokasi tempat shalat tersebut sangat dekat dengan loket informasi, sehingga mudah untuk ditemukan.

http://japanesestation.com/bandara-narita-jepang-siapkan-tempat-sholat-warga-muslim/
Ruangan Shalat di Bandara Narita Jepang
Perkembangan islam di Jepang terlihat dari beberapa proyek pembangunan masjid yang tengah diusahakan, seperti Masjid Matsuyama yang In sya Allah terletak di Perfektur Ehime, Shikoku Jepang. Dimana periode pengumpulan dana telah dimulai dari 1 Juli 2015 hingga 30 Juni 2016. Ada pula proyek pembangunan Masjid Shizouka yang In sya Allah terletak di perfektur Shizouka. 

https://www.facebook.com/IslamInJapan2030?fref=ts
Mtasuyama Masjid
https://www.facebook.com/IslamInJapan2030?fref=ts
Shizuoka Masjid

https://www.facebook.com/IslamInJapan2030?fref=ts

Keindahan islam lainnya di Jepang adalah dimana saat saya mengetahui beberapa waga Jepang yang tertarik untuk mempelajari Islam dan akhirnya mereka menemukan cahaya hidayah. Salah satunya adalah Prof. Dr. Kamal Okuda. Beliau adalah seorang sarjana muslim jepang dan guru hebat Jepang.


https://www.facebook.com/IslamInJapan2030?fref=ts

Bukan hanya itu, komunitas muslim Jepang juga aktif memperkenalkan Islam di bumi sakura ini. Seperti Shizouka Muslim Association (SMA) yang turut berpartisipasi dalam acara Shizuoka International Festival Japanese. Di festival ini Shizouka Muslim Association memperkenalkan Islam dengan menjual beragam macam barang. Dimana seluruh keuntungan penjualan tersebut akan disumbangkan ke saudara muslim kita di Palestina dan Syiria.

Siapa sangka ternyata masyarakat Jepang yang hadir sangat antusias untuk mengetahui dan mempelajari Islam. Selain itu beberapa wanita Jepang juga turut mencoba mengenakan hijab di stand SMA. Ada getaran bahagia saat melihat mereka tersenyum dengan mengenakan hijab. Seolah-olah mata mereka sedang berkata, “Jangan takut berkunjung ke Jepang. Kami sangat menerima mu disini. Muslim juga sahabat kami.”


https://www.facebook.com/pages/Shizuoka-Muslim-Association/1486617891549797?fref=ts

https://www.facebook.com/pages/Shizuoka-Muslim-Association/1486617891549797?fref=ts
Bahagia itu sederhana ^_^
https://www.facebook.com/pages/Shizuoka-Muslim-Association/1486617891549797?fref=ts


https://www.facebook.com/IslamInJapan2030?fref=ts
Buka Puasa di Tokyo Camii 

https://www.facebook.com/pages/Shizuoka-Muslim-Association/1486617891549797?fref=ts
Muslim Manga
***

Tulisan ini berdasarkan sumber referensi berupa foto dan artikel yang telah saya baca dan dapatkan. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian informasi diatas. Dan saya akan sangat senang sekali jika teman-teman dapat memberi tahu saya dengan baik melalui email saya (nurlailao@gmail.com). 

Selain itu, tulisan ini merupakan wujud dari impian saya. Semoga suatu saat dapat bersilahturahim dan berkunjung langsung ke negeri-negeri impian saya tersebut. Dan tentu saja saya akan kembali menceritakannya, In Sya Allah. 

Apabila teman-teman memiliki informasi, cerita berupa pengalaman dari salah satu negara yang telah saya ceritakan atau negara lainnya maka saya akan sangat senang dan antusias membacanya di kolom komentar blog saya.

Sumber Referensi:
https://www.facebook.com/pages/Shizuoka-Muslim-Association/1486617891549797?fref=ts
https://www.facebook.com/IslamInJapan2030?fref=ts
http://japanesestation.com/bandara-narita-jepang-siapkan-tempat-sholat-warga-muslim/

Selanjutnya:
[Part 2-End] Salam Cinta dari Tiga Negara

Komentar

  1. Pantesan temenku nekat merantau kesana. Ternyata warga jepang sangat toleran dengan agama islam. Bahkan yang menemukan pola air dengan mikroskop terkecil juga dari warga jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga temannya sukses merantau di Jepang. Btw thanks loh buat informasinya :)

      Hapus
  2. Teman yang sedang melanjutkan studi S2 di Jepang pun pernah bercerita pada saya, katanya di tempat penelitiannya dia itu kan tidak ada tempat shalat. Eh, sama dosennya yang orang jepang malah dikasih space khusus di ruangan dosen tersebut yang bisa dipakai shalat oleh para mahasiswa muslim :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik nian Pak Dosen... berita yg kayak gini nih yg bikin adem.. Senangnya kalau seluruh dunia bisa hidup saling menghargai, memahami dan toleransi. :D

      Hapus
  3. salam perkenalan.. menarik tajuk ini. Saya pernah ke masjid Tokyo dan masjid Kobe. Memang cantik sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Semoga saya segera menyusul.. hehe. :)

      Hapus
    2. Salam kenal juga. Semoga saya segera menyusul.. hehe. :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satu Hari Explore Korea di Jakarta

Satu Hari Explore Korea di Jakarta -  Annyeong haseyo.  Welcome back to my blog. Untuk pendahuluan, saya ingin menjelaskan bahwa saya termasuk pencinta Korea. Tapi lebih ke tourism dan budaya. Mengenal dan belajar langsung budaya Korea di negaranya menjadi salah satu impian terbesar. Merasakan pengalaman empat musim di Negeri Kimchi selalu terbayang-bayang di kepala. Sambil menunggu belajar ke negeri aslinya, saya bisa mengenal lebih dahulu budaya negeri K-Pop ini di negera tercinta. Indonesia. Ya, selagi bisa dijangkau dompet dan badan (baca: gak jauh dari tempat tinggal). Jadi, hari Sabtu lalu saya bersama dua orang sahabat saya (juga Korea Addict) berangkat dari kosan menuju Korea Cultural Center Indonesia (KCCI). Soalnya disana lagi ada event Hanbok New Experience dengan teknologi green-screen (chroma key). Itu loh yang bisa pilih background lewat komputer. Nah berita bagusnya, disana kami berksempatan untuk memakai pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok sec

Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi

Special Class: Chuseok Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi Annyeonghaseyo …. *membungkukkan badan :) Sebelumnya saya pernah curhat  menceritakan impian pada postingan: Merayakan Usia Baru: Menciptakan Impian.  Tentu traveling ke Negeri Kimichi juga menjadi impian beberapa orang, bukan? Negeri yang memiliki keindahan alam dan keunikan budaya. Salah satu kebudayaan Korea yang terkenal adalah Kaligrafi . Nah, kebetulan 25 September lalu saya mengikuti special class (kelas kaligrafi Korea) dalam memperingati Chuseok di Korean Cultural Center . Dan ceritanya telah saya tuliskan di postingan ini.

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan - Assalamu’alaikum. Hello semuanya. Cerita di blog post kali ini adalah kisah perjalanan Bee dalam rangka menemani para pemenang Lomba Blog Cheria Halal Holiday yaitu Khairul Leon, mas Ali dan Mba Septi. Selain itu ada juga mba Evrina. Sayangnya Mba Desi Namora dan Ahmad Niam berhalangan ikut.