Rabu, Desember 07, 2016

Menikmati Sunset di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) Bengkayang

Menikmati Sunset di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) di Bengkayang

Menikmati Sunset di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) Bengkayang - Assalamu’alaikum. Hello semuanya. Sebentar lagi akhir bulan Desember dan juga akhir tahun 2016. Sudah punya rencana mau menghabiskan waktu liburan kemana? Sudah ya? Kalau belum, Bee punya nih tempat jalan – jalan bagus di dekat Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Kejauhan dari Jakarta? Ya sekali – sekali mainlah ke daerah Khatulistiwa.

Menginap di penginapan atau villa atau juga hotel yang langsung menghadap ke pantai. Seru – seruan main Flying Fox, Kincir Angin, Ontang Anting, Sepeda Angin dan beragam wahana permainan lainnya di pantai. Lalu duduk santai sambil minum air kelapa di pinggir pantai sambil menikmati sunset yang menawan. Malam harinya dilanjutkan dengan main kembang api bersama teman – teman dan keluarga.

Semua keseruan di atas ada di Wisata Batu Payung, Mimi Land.

Alhamdulillah liburan hari raya Idul Fitri lalu, Bee dan keluarga berkesempatan bermalam di Mimi Land. Jadi sepulang dari menjelajahi daerah ujung Kalimantan (Temajuk), siang harinya kami langsung pergi kesana. Nah kebetulan jalur menuju Mimi Land masih satu arah menuju Pontianak. Tak perlu khawatir, akses menuju Wisata Pantai Batu Payung ini bagus. Jalannya di aspal mulus. Selain itu mudah dijangkau karena lokasinya dekat dengan jalan besar. 

Wisata Pantai Batu Payung

Sedikit pengenalan dulu nih dengan keindahan Indonesia, yaitu Pantai Batu Payung. Tempat wisata ini dinamakan Batu Payung karena dari Mimi Land, kita dapat melihat satu pulau batu dengan pepohonan yang berbentuk seperti payung. Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari Singkawang (15 km). Kalau dari Kota Pontianak kurang lebih sekitar 3 jam (130 km). Tepatnya Wisata Pantai Batu Payung di Mimi Land ini terletak di Teluk Suak, Desa Karimunting, Kabupaten Bengkayang.


Tiket Masuk: Rp.20.000,- /orang


Seperti pantai – pantai lainnya, Mimi Land juga menyediakan fasilitas penginapan untuk kamu yang ingin menikmati keindahan pantai lebih lama.

Hal pertama yang Bee sukai dari Mimi Land ini adalah fasilitas penginapannya. Tipe atau jenis penginapan yang disediakan sangat banyak dan beragam. Mulai dari tipe penginapan sekelas villa hingga backpacker.

Liburan lalu, Bee dan keluarga memutuskan untuk memilih tipe penginapan Rumah Pantai. Dalam satu kamar tersedia dua bunk bed (tempat tidur tingkat), satu lemari, meja hias dan kipas angin. Sedangkan untuk kamar mandi dan toiletnya ialah shared bathroom. Jumlah kamar untuk tipe ini lumayan banyak, begitu pula dengan kamar mandinya.

Menikmati Sunset di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) di Bengkayang
What are you looking at, dad?
Penginapan di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) di Bengkayang
Suasana lorong kamar Rumah Pantai
Penginapan di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) di Bengkayang
Keadaan kamar tipe Rumah Pantai Mimi Land

Meskipun kamarnya bersih, tapi sayang banget beberapa lampu kamar mandinya nggak berfungsi alias mati. Lalu kamar mandinya sedikit kotor. Ya Bee ngerti sih namanya juga shared bathroom, yang pake gak dua atau tiga orang. Tapi bukan kah akan jauh lebih bagus kalau kamar mandi dan kamar penginapannya juga sama – sama terawat?

Oh iya disaat momen – momen liburan, ada baiknya kamu booking penginapannya jauh – jauh hari ya. Berdasarkan pengalaman Bee tahun lalu, setiba disana ternyata seluruh kamar untuk semua tipe sudah full. Selain itu setiap hari libur besar, seluruh tipe kamar harganya naik Rp.100.000,-. Itu terjadi saat Bee menginap kemarin. Di brosur tertulis Rp.250.000,- nett karena hari libur besar jadi Rp.350.000,-.

Nomor Kontak Mimi Land: 
0542 - 4642699 / 4642888 / 0813-4521-1234
email : mimiland.bp@gmail.com


Jenis & Harga Penginapan:
1.         Rumah Pantai Rp.250.000,- nett (2 Bunk Bed, Kipas Angin)
2.         Deluxe Room Rp.360.000,- nett (1 King Size Bed, AC, TV, Sarapan).
3.         Deluxe Plus Room Rp.450.000,- nett (1 King Size Bed, 1 Single Bed, AC, TV, Sarapan)
4.    Suite Room Rp.650.000,- nett (1 King Size Bed, 1 Sofa Bed Living Room, AC, TV, Sarapan)
5.       Deluxe Suite Room Rp.800.000,- nett (1 King Size Bed, 1 Sofa Bed Living Room, AC, TV, Sarapan)
6.         Ocean Front Villa (2 Kamar Tidur, 1 Ruang Tamu, AC, TV, Sarapan)
7.         Villa Bukit (3 Kamar Tidur, 1 Ruang Tamu, AC, TV, Sarapan)
8.         Family Villa (3 Kamar Tidur, 1 Ruang Tamu, 1 Dapur, AC, TV, Sarapan) 

Wahana Permainan

Aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Mimi Land adalah eksplor beragam wahana permainan yang telah disediakan. Kalau kamu suka permainan dengan sensasi jantung ‘jedak jeduk’ alias menantang. Maka ada Ontang Anting, Flying Fox dan Perahu Kora – Kora yang bisa kamu mainkan. Dari tiga permainan tersebut, Bee pernah coba Perahu Kora – Kora. Tapi menurut Bee, permainan ini nggak terlalu bikin sensasi ‘histeris’. Soalnya permainan ini di setting bisa dinaiki oleh anak – anak hingga dewasa.

Fasilitas di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) di Bengkayang
Dare to play this one?! Hehe
Fasilitas di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) di Bengkayang
Komedi Putar 
Permainan di Mimi Land Bengkayang Kalimantan Barat
Kincir Angin
Permainan di di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) di Bengkayang
Perahu Kora - Kora yang seru tapi nggak serem hehe :P 

Kalau kamu pengennya wahana permainan yang duduk santai kalem, sambil menikmati pantai juga ada. Seperti Kincir Angin dan Sepeda Angin. Dari Kincir Angin, kita bisa lihat pemandangan Mimi Land dari atas. Pulau Batu Payung juga sangat terlihat jelas dari atas. Sedangkan Sepeda Anginnya belum Bee cobain, maybe next time.

Untuk harga, relatif terjangkau menurut Bee. Setiap permainan beda – beda harga tiketnya. Harga 1 tiket ialah Rp.10.000,-. Nah dibawah adalah gambar dari masing – masing permainan berserta jumlah tiket yang harus dimiliki.
Tiket bermain di Mimi Land Batu Payung
Tiket wahana permainan
Mengabadikan Sunset

Liburan kemarin merupakan pengalaman pertama Bee menyaksikan sunset di Mimi Land. Kamu tahu? Sunset nya Masya Allah bagus banget. Hal ini didukung juga dengan cuaca yang cerah. Jadi pemandangan detik – detik matahari tenggelam itu benar – benar membuat mata terpana.

Panorama sunset di Mimi Land ini rasanya seperti harta karun di perjalanan panjang Bee. Bisa dibilang menjadi titik klimaksnya. Bener deh, kalau kamu berkesempatan travelling ke Kalimantan Barat, jangan lupa kesini.

Aktivitas seru di saat malam hari biasanya kalau nggak bakar jagung, ya bakar ayam. Tapi karena nggak ada persiapan, jadi Bee sudah cukup puas menikmati deburan air pantai yang menggulung dengan main kembang api. But I’m sorry fotonya ngeblur, nggak tau kenapa susah banget jepretnya. Bisa jadi karena kamera Bee yang kurang memadai atau memang saya yang tidak tau cara setting kameranya.

Pada pagi harinya Bee harus say bye to Mimi Land. Nah sebelum pulang, Bee sempat jalan – jalan di pinggir pantai. Langit mulai membiru, beberapa burung terlihat terbang bebas. Ntahlah burung apa, yang jelas ini menjadi pengalaman pertama buat Bee menyaksikan burung – burung berwarna hitam terbang tanpa rasa takut gitu. Tiba – tiba ‘syuut’ lewat depan muka. Hehehe.

Indahnya Wisata Batu Payung di Mimi Land Bengkayang
With my cousin. Sepupu tersayong :D
Menikmati Sunset di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) di Bengkayang
Saatnya matahari berpisah, saatnya matahari berpisah :D
Can you spot where is Batu Payung? Itu pulau yang kecil di ujung sana | In frame: Sepupu

Overall, Bee senang bisa menjelajahi Wisata Batu Payung di Mimi Land. Pemandangan dan sunset-nya yang indah. Di tambah lagi variasi permainan dan penginapan yang banyak. Menjadi daya tarik wisatawan domestik. Sepanjang mata memandang sih, belum pernah Bee lihat  wisatawan asing yang kesini.

Ada Plus, pasti juga ada minus. Rasanya sangat disayangkan dengan tipe penginapan Rumah Pantai. Meskipun tergolong yang paling murah diantara tipe lainnya, tapi semoga ada perbaikan dari pihak Mimi Land untuk memperhatikan perawatannya. Termasuk kamar mandinya.

Kalau ini catatan untuk Bee dan teman – teman juga ya. Menjaga keindahan alam Mimi Land, bukan hanya tanggung jawab pihak manajemen Mimi Land. Tapi juga kita semua. Ada perasaan miris juga hati meringis lihat sampah botol, kantong plastik, gelas plastik dan bungkusan kemasan berserakan di pantai. Padahal tahun 2015 lalu, saat Bee ke Mimi Land. Tempatnya bersih kinclong ‘clink’ gitu. Yuk lah ya, kita lebih peka dengan alam.


Menikmati Sunset di Mimi Land (Wisata Pantai Batu Payung) di Bengkayang
Akhirnya ke foto juga tuh burung. Ini jenis burung apa ya?

Catatan:
“Kalau buat orang – orang yang dari luar Kalimantan Barat, bagaimana cara akses ke Mimi Land?”

Dari Pontianak, kamu bisa menggunakan jasa rental mobil atau taksi mobil. Selain itu bisa juga menggunakan bis antar daerah yang sering berhenti di dekat Tol 2. Tapi kalau memang baru pertama kali, Bee lebih sarankan naik taksi mobil. Jadi kamu bisa pesan terlebih dahulu. 

Berikut beberapa rental mobil atau taksi mobil yang Bee ambil dari surat kabar Pontianak:

1. Antya Taxi & Cargo : 0561 733688 (Pontianak) & 0562 635688 (Singkawang).

2. Surya Transport : 0811 572 0168 / 0857 5058 6523 (Pontianak) & 0811 5726 168 / 0858 2285 5853 (Singkawang).

3. Dhafin Transport : 0561 7555135 / 0811 570 1316 / 0813 455 32996 (Pontianak) & 0812 5661 0086 (Singkawang).

Ok. Itu cerita perjalanan di Mimi Land (Wisata Batu Payung) Bengkayang. Sebenarnya ada brosur Mimi Land, cuma maaf ya hilang nggak tau kemana. Jadi untuk harga dan nomor kontak Mimi Land, Bee browsing lewat internet. 

Oh ya, ini video perjalanan Bee disana. Kalau berkenan, silahkan tonton ya.

So, berminat menghabiskan liburan disini? Tetap bahagia dan jangan lupa terus tebar kebaikan ya. See you on my next post. Salam.

8 komentar:

  1. wah .. keren ya sunset nya

    BalasHapus
  2. andai si okka ada pas aku kemarin ke kalbar, pasti bisa diajak jalan2 ke sini nih, hiksss

    BalasHapus
    Balasan
    1. one day semoga mba ev ke Kalbar lagi dan pas aku ada jadi bisa ajak jalan2 keliling kalbar deh... aamiin

      Hapus
  3. Kalimantan Barat ya, seru banget main di Pantai trus nginep di Rumah Pantai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Astin, udah pernah main ke kalbar? ayo main kesini kalau belum. kalau udah, main lagi atu hehe

      Hapus
  4. Namanya lucu banget Mimi land hahaha kesannya kayak taman bermain di luar negeri, etapi kok itu penginapannya serem amaat haahahahha paling parno liat tempat tidur tingkat kayak gitu entah kenapa XD

    BalasHapus
  5. tulisannya bagus2 dan tertata rapih. btw makasih banyak yah kemaren dah berkunjung ke blog saya dan ngasih komentar. baru sempat kunjuungan balik :) harap maklum, bapak dengan dua orang anak ini sangat kesulitan membagi waktu :(

    BalasHapus