Skip to main content

[Part 1] Cinta Dan Mimpi Ku di Finlandia

Pertengahan bulan maret lalu saya mendaftar di Finland Foreign Correspondents' Programme. Saya kirim CV, application form dan essay. Harapan terpilih menjadi salah saru corespondents’ dari Indonesia pasti ada.

Dengan waktu yang sedikit saya berusaha maksimal dan memberikan yang terbaik pada tulisan saya.

Menggapai Mimpi melalui Finland Foreign Correspondents' Programme

https://m.facebook.com/profile.php?id=288541773496

Apa itu Finland Foreign Correspondents’ Programme?

Program yang akan berlangsung pada tanggal 10 hingga 28 Agustus ini adalah program intensif seperti pembelajaran singkat dari berbagai materi, bertemu dengan orang-orang professional dari finlandia dan mengunjungi perusahaan bisnis, tempat-tempat budaya serta lembaga-lembaga. 

Menurut saya program ini sangat sesuai dengan mimpi saya. Yaitu menjadi penulis. Berbicara tentang menjadi penulis, saya ingin menjadi Jilbab Travel Writer. Kenapa? Karena saya suka mengenal berbagai budaya dan menebar manfaat dengan menuliskannya kembali.

Setelah panjang lebar-lebar menceritakan mimpi saya, sebaiknya saya beralih menceritakan Finlandia. Rasanya sayang semua materi, berita dan artikel yang saya baca menguap hilang begitu saja.

Pendidikan dan Budaya di Finlandia.

Mendengar nama negera ini mengingatkan saya akan dua hal yaitu, NOKIA dan pendidikan. Finlandia adalah termasuk salah satu negara dari Eropa dengan ibu kota bernama Helsinki. Bahasa yang digunakan disini adalah Finlandia dan Swedia.

Negeri pencipta angry birds ini memang terkenal dengan kualitas pendidikan yang terbaik. Jadi tidak heran berbagai negara termasuk Indonesia banyak belajar dari sistem pendidikan disini.


http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/
Pendidikan di Finlandia
Faktanya adalah anak-anak Finlandia mulai akan bersekolah pada saat mereka berusia tujuh tahun. Disana mereka jarang sekali mendapatkan pekerjaan rumah ataupun ujian. Guru-guru mereka pun berkualitas dimana diharuskan bergelar master (S2). Sedangkan untuk biaya sekolah, Gratis. Alias 100% dibiayai oleh pemerintah Finlandia.

Bagaimana dengan budaya dan tradisi di Finlandia?

Menurut artikel yang saya baca, di Finlandia memiliki tradisi melepas alas kaki saat bertamu. Ini sebagai bentuk menghargai dan menghormati si pemilik rumah yang telah membersikan rumahnya. Seperti di Indonesia ya... :D


http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/

Finlandia juga dikenal sebagai penggila kopi. Karena satu orang dapat menghabiskan 12Kg kopi dalam satu tahun. 

Jadi teringat kebiasan keluarga besar saya yang juga suka ngopi. Pagi-pagi minum kopi, siang lagi nyantai atau ngobrol disuguhi kopi, sore menjelang malam nyeduh kopi dan setelah makan malam, minumnya kopi. Hehehe.


http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/

Hal menarik lainnya di Finlandia adalah sauna. 99% masyarakat Finlandia memiliki kebiasaan mandi sauna sekali dalam seminggu. Katanya setelah mereka mandi sauna, mereka akan langsung keluar dan membuat lubang di es dan berendam. Bahkan ada yang berguling-guling di salju. Brrrrr!!! Apa enggak dingin?

Kecantikan alamnya yang terus membuat saya terpesona dengan Finlandia adalah Aurora. Saya fikir aurora itu hanya ada di cerita dongeng dan film saja. Ternyata di Finlandia kita bisa melihatnya.

Saya mengetahui fakta ini setelah mengikuti akun instagram seorang photographer asal Finlandia. Aurora berwarna biru, putih dan hijau. Berpadu dengan langit bertaburkan bintang. Saya berdoa bisa melihatnya secara langsung disana. 


i always feel amazing when saw all the photo from kpunkka
I amn't really sure can do this XD
love this photo :D
cool :D
Selanjutnya:

[Part 2-end] Cinta dan Mimpi Ku di Finlandia

[Sumber referensi dan foto]
http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/

https://m.facebook.com/profile.php?id=288541773496

Comments

Popular posts from this blog

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu TelurPernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan?
Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl. Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus. Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk. Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan.
Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur, dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.

4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI

Selama liburan, banyak yang bertanya-tanya ke saya, "kuliah di kampus mana?" Saya jawab, “STEI SEBI di Depok.” Tapi rasa ingin tau mereka biasanya tidak cukup sampai disitu. Pertanyaan-pertanyaan seperti, “Depoknya dimana? Itu kampus apa? Ada berapa fakultas? Semester berapa? Jurusan apa? Kenapa kuliah disana?” Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan terkait kampus tercinta saya. Tapi tidak saya pungkiri banyak yang ujung-ujungnya malah menjurus pada pertanyaan, “Kapan nikahnya?” atau “Cowoknya siapa?” *tepok jidat*.
Baiklah kali ini saya bukan mau curhat karena ditodong seputar pertanyaan “mana cowoknya?”. Tapi saya ingin bercerita seputar kampus saya. Alasanya sih simpel, agar semua orang kenal kampus STEI SEBI Depok.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok. Terletak di Jalan Raya Bojongsari, Gang Mungkin Bojongsari Depok. Terdapat dua jurusan, yaitu Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah.
Berikut 4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI. Sebenarnya banyak sih, bukan …

Sebelum Membagikan Pesan Informasi di Media Sosial, Cek Dulu Lima Tips Anti Hoax Ini

Assalamualaikum. Hallo Semuanya?
Kamu pernah nonton iklan dari Thailand yang bercerita tentang seorang bos pemilik pasar yang videonya viral di dunia maya?
Di video viral tersebut, si bos terlihat sangat sombong dan pelit. Ternyata eh ternyata, video itu bukanlah kenyataannya. Setelah menonton video itu Bee jadi tersadar, ternyata tidak semua video, tulisan, ataupun foto merupakan sebuah fakta. Karena bisa jadi apa yang kita lihat dan tonton dari balik layar gadget tidak selalu lengkap atau benar.

Berita ataupun konten yang salah atau tidak sesuai kebenaran lebih sering kita kenal dengan sebuatan HOAX. Benar gak?
Saat ini Bee rasa sudah semakin banyak orang yang mulai menyaring setiap konten baik tulisan ataupun video sebelum jempol mengklik “Share”. Bahkan terkadang Mama ataupun orang–orang di sekitar Bee bertanya, “Eh, berita ini benar nggak ya?”, “Emang iya ya berita ini?”.
Nah tapi sebagian dari kita juga masih suka bingung dan bertanya–tanya dengan diri sendiri seperti, sebenarnya i…