Langsung ke konten utama

[Part 1] Cinta Dan Mimpi Ku di Finlandia

Pertengahan bulan maret lalu saya mendaftar di Finland Foreign Correspondents' Programme. Saya kirim CV, application form dan essay. Harapan terpilih menjadi salah saru corespondents’ dari Indonesia pasti ada.

Dengan waktu yang sedikit saya berusaha maksimal dan memberikan yang terbaik pada tulisan saya.

Menggapai Mimpi melalui Finland Foreign Correspondents' Programme

https://m.facebook.com/profile.php?id=288541773496

Apa itu Finland Foreign Correspondents’ Programme?

Program yang akan berlangsung pada tanggal 10 hingga 28 Agustus ini adalah program intensif seperti pembelajaran singkat dari berbagai materi, bertemu dengan orang-orang professional dari finlandia dan mengunjungi perusahaan bisnis, tempat-tempat budaya serta lembaga-lembaga. 

Menurut saya program ini sangat sesuai dengan mimpi saya. Yaitu menjadi penulis. Berbicara tentang menjadi penulis, saya ingin menjadi Jilbab Travel Writer. Kenapa? Karena saya suka mengenal berbagai budaya dan menebar manfaat dengan menuliskannya kembali.

Setelah panjang lebar-lebar menceritakan mimpi saya, sebaiknya saya beralih menceritakan Finlandia. Rasanya sayang semua materi, berita dan artikel yang saya baca menguap hilang begitu saja.

Pendidikan dan Budaya di Finlandia.

Mendengar nama negera ini mengingatkan saya akan dua hal yaitu, NOKIA dan pendidikan. Finlandia adalah termasuk salah satu negara dari Eropa dengan ibu kota bernama Helsinki. Bahasa yang digunakan disini adalah Finlandia dan Swedia.

Negeri pencipta angry birds ini memang terkenal dengan kualitas pendidikan yang terbaik. Jadi tidak heran berbagai negara termasuk Indonesia banyak belajar dari sistem pendidikan disini.


http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/
Pendidikan di Finlandia
Faktanya adalah anak-anak Finlandia mulai akan bersekolah pada saat mereka berusia tujuh tahun. Disana mereka jarang sekali mendapatkan pekerjaan rumah ataupun ujian. Guru-guru mereka pun berkualitas dimana diharuskan bergelar master (S2). Sedangkan untuk biaya sekolah, Gratis. Alias 100% dibiayai oleh pemerintah Finlandia.

Bagaimana dengan budaya dan tradisi di Finlandia?

Menurut artikel yang saya baca, di Finlandia memiliki tradisi melepas alas kaki saat bertamu. Ini sebagai bentuk menghargai dan menghormati si pemilik rumah yang telah membersikan rumahnya. Seperti di Indonesia ya... :D


http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/

Finlandia juga dikenal sebagai penggila kopi. Karena satu orang dapat menghabiskan 12Kg kopi dalam satu tahun. 

Jadi teringat kebiasan keluarga besar saya yang juga suka ngopi. Pagi-pagi minum kopi, siang lagi nyantai atau ngobrol disuguhi kopi, sore menjelang malam nyeduh kopi dan setelah makan malam, minumnya kopi. Hehehe.


http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/

Hal menarik lainnya di Finlandia adalah sauna. 99% masyarakat Finlandia memiliki kebiasaan mandi sauna sekali dalam seminggu. Katanya setelah mereka mandi sauna, mereka akan langsung keluar dan membuat lubang di es dan berendam. Bahkan ada yang berguling-guling di salju. Brrrrr!!! Apa enggak dingin?

Kecantikan alamnya yang terus membuat saya terpesona dengan Finlandia adalah Aurora. Saya fikir aurora itu hanya ada di cerita dongeng dan film saja. Ternyata di Finlandia kita bisa melihatnya.

Saya mengetahui fakta ini setelah mengikuti akun instagram seorang photographer asal Finlandia. Aurora berwarna biru, putih dan hijau. Berpadu dengan langit bertaburkan bintang. Saya berdoa bisa melihatnya secara langsung disana. 


i always feel amazing when saw all the photo from kpunkka
I amn't really sure can do this XD
love this photo :D
cool :D
Selanjutnya:

[Part 2-end] Cinta dan Mimpi Ku di Finlandia

[Sumber referensi dan foto]
http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/

https://m.facebook.com/profile.php?id=288541773496

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRADISI MAKAN SAPRAHAN: Keindahan Budaya di Kabupaten Sambas

TRADISI MAKAN SAPRAHAN: Keindahan Budaya di Kabupaten Sambas Assalamualaikum. Hello semuanya. Kalian mungkin sudah sering dengar dan baca bahwa Indonesia memiliki 17.504 pulau dan 1.340 suku. Kekayaan alam dan budaya negeri pertiwi inilah yang menjadikan Indonesia dikenal dunia, memiliki banyak potongan ‘surga’ yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Panorama alam Indonesia yang menawan juga indah menjadi salah satu alasan banyaknya traveller mancanegara berbondong-bondong terbang ke Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia, termasuk saya, mengukir mimpi dapat mengelilingi berbagai daerah di negeri tercinta.

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea Judul               : Love Sparks in Korea Penulis            : Asma Nadia Penerbit          : Asma Nadia Publishing House Jumlah Hal    : 374 halaman Harga              : Rp.64.500,- ISBN                : 978-602-9055-39-9 Menyusul kesuksesan film Assalamu’alaikum Beijing dan Surga yang Tak Dirindukan, maka film Love Sparks in Korea pun akan segera hadir mewarnai perfilman Indonesia. Film berlatarkan Negeri Ginseng ini adalah sebuah kisah cinta dari novel dengan judul yang sama. Sebuah karya hebat dari Jilbab Travel Writer terkenal. Asma Nadia . Di novel Assalamu’alaikum Beijing, saya banyak belajar makna tegar dari sosok Asma yang bersahabat dengan APS-nya. Lalu novel Surga Yang Tak Dirindukan, mengenalkan sabar dan ikhlas dari Arini. Sedangkan novel Love Sparks in Korea , mengajarkan untuk terus membangun impian dan tidak pernah menyerah.

Kesan Setelah Menonton Film Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea

Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea Judul Film : Jilbab Traveller: Love Sparks in Korea Distibutor  : Rapi Films Producer  : Gope T Samtani Director : Guntur Soeharjanto Writer : Alim Sudio Cast :Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Ringgo Agus Rahman, Wawan Wanisar, Dewi yull, Indra Bekti, Tasya Nur Medina, Ferry Ardiansyah, Adila Jelita, Lee Won Joo, Jonathan Na. “Kamu mencuri mimpi-mimpiku. Dan aku suka.”