Skip to main content

[Part 1] Cinta Dan Mimpi Ku di Finlandia

Pertengahan bulan maret lalu saya mendaftar di Finland Foreign Correspondents' Programme. Saya kirim CV, application form dan essay. Harapan terpilih menjadi salah saru corespondents’ dari Indonesia pasti ada.

Dengan waktu yang sedikit saya berusaha maksimal dan memberikan yang terbaik pada tulisan saya.

Menggapai Mimpi melalui Finland Foreign Correspondents' Programme

https://m.facebook.com/profile.php?id=288541773496

Apa itu Finland Foreign Correspondents’ Programme?

Program yang akan berlangsung pada tanggal 10 hingga 28 Agustus ini adalah program intensif seperti pembelajaran singkat dari berbagai materi, bertemu dengan orang-orang professional dari finlandia dan mengunjungi perusahaan bisnis, tempat-tempat budaya serta lembaga-lembaga. 

Menurut saya program ini sangat sesuai dengan mimpi saya. Yaitu menjadi penulis. Berbicara tentang menjadi penulis, saya ingin menjadi Jilbab Travel Writer. Kenapa? Karena saya suka mengenal berbagai budaya dan menebar manfaat dengan menuliskannya kembali.

Setelah panjang lebar-lebar menceritakan mimpi saya, sebaiknya saya beralih menceritakan Finlandia. Rasanya sayang semua materi, berita dan artikel yang saya baca menguap hilang begitu saja.

Pendidikan dan Budaya di Finlandia.

Mendengar nama negera ini mengingatkan saya akan dua hal yaitu, NOKIA dan pendidikan. Finlandia adalah termasuk salah satu negara dari Eropa dengan ibu kota bernama Helsinki. Bahasa yang digunakan disini adalah Finlandia dan Swedia.

Negeri pencipta angry birds ini memang terkenal dengan kualitas pendidikan yang terbaik. Jadi tidak heran berbagai negara termasuk Indonesia banyak belajar dari sistem pendidikan disini.


http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/
Pendidikan di Finlandia
Faktanya adalah anak-anak Finlandia mulai akan bersekolah pada saat mereka berusia tujuh tahun. Disana mereka jarang sekali mendapatkan pekerjaan rumah ataupun ujian. Guru-guru mereka pun berkualitas dimana diharuskan bergelar master (S2). Sedangkan untuk biaya sekolah, Gratis. Alias 100% dibiayai oleh pemerintah Finlandia.

Bagaimana dengan budaya dan tradisi di Finlandia?

Menurut artikel yang saya baca, di Finlandia memiliki tradisi melepas alas kaki saat bertamu. Ini sebagai bentuk menghargai dan menghormati si pemilik rumah yang telah membersikan rumahnya. Seperti di Indonesia ya... :D


http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/

Finlandia juga dikenal sebagai penggila kopi. Karena satu orang dapat menghabiskan 12Kg kopi dalam satu tahun. 

Jadi teringat kebiasan keluarga besar saya yang juga suka ngopi. Pagi-pagi minum kopi, siang lagi nyantai atau ngobrol disuguhi kopi, sore menjelang malam nyeduh kopi dan setelah makan malam, minumnya kopi. Hehehe.


http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/

Hal menarik lainnya di Finlandia adalah sauna. 99% masyarakat Finlandia memiliki kebiasaan mandi sauna sekali dalam seminggu. Katanya setelah mereka mandi sauna, mereka akan langsung keluar dan membuat lubang di es dan berendam. Bahkan ada yang berguling-guling di salju. Brrrrr!!! Apa enggak dingin?

Kecantikan alamnya yang terus membuat saya terpesona dengan Finlandia adalah Aurora. Saya fikir aurora itu hanya ada di cerita dongeng dan film saja. Ternyata di Finlandia kita bisa melihatnya.

Saya mengetahui fakta ini setelah mengikuti akun instagram seorang photographer asal Finlandia. Aurora berwarna biru, putih dan hijau. Berpadu dengan langit bertaburkan bintang. Saya berdoa bisa melihatnya secara langsung disana. 


i always feel amazing when saw all the photo from kpunkka
I amn't really sure can do this XD
love this photo :D
cool :D
Selanjutnya:

[Part 2-end] Cinta dan Mimpi Ku di Finlandia

[Sumber referensi dan foto]
http://boombastis.com/2014/12/24/fakta-tentang-finlandia/

https://m.facebook.com/profile.php?id=288541773496

Comments

Popular posts from this blog

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur Pernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan? Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl . Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus . Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk . Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan. Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur , dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.

Berburu Sunset di Pulau Lemukutan

Assalamu'alaikum, halo semuanya! Kalian pernah enggak sih waktu jalan-jalan melakukan hal nekat? Soalnya Bee baru saja melakukan aksi nekat sewaktu traveling  ke Pulau Lemukutan, hehe. Untuk kedua kalinya Bee main ke Pulau Lemukutan, dan di kesempatan ini Bee 'nyempil' di acara Mama, rombongan ibu-ibu. Selama Mama sibuk dengan kegiatannya, Bee main sendiri di sekitar penginapan. Nah menjelang sore, saat bingung mau ngapaian, tiba-tiba 'ting tong' ide muncul di kepala. "Ah, nonton sunset aja kali ya?" batin Bee. Beberapa menit jalan kaki menyusuri deretan rumah, Bee enggak melihat tanda-tanda lokasi buat nonton sunset . "Ya Allah, pintar banget," ucap Bee sendiri sambil tepok jidat, "harusnya cek peta, biar ketauan lokasi dan mataharinya." Btw , sinyal di Pulau Lemukutan yang ada cuma kartu Telkomsel dan IM3 ya. Pas cek google maps , Bee auto kaget. Bagaimana enggak kaget, lokasi matahari terbenam adanya d

Perjalanan Hemat Sekeluarga Ala Backpacker ke Kuching, Malaysia

Assalamualaikum, halo semuanya! Menjelang lebaran Idul Fitri 2019 lalu, Bee mendapatkan tugas oleh kantor ke Kuching, Malaysia. Setelah beres urusan kerjaan, Bee ambil cuti dan berencana untuk menikmati bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi dengan melakukan perjalanan ala backpacker mulai dari Sarawak - Miri - Brunei Darussalam bersama keluarga, dan dilanjutkan backpacker-an dengan teman ke Kota Kinabalu.