Skip to main content

Merayakan Usia Baru: Menciptakan Impian

beebalqis.blogspot.com
Merayakan Usia Baru: Menciptakan Impian

Merayakan Usia Baru: Menciptakan Impian


Tiga tahun lalu sebuah hadiah ulang tahun dari Ayah dan Mama dikirimkan untuk saya. Sebuah ransel kecil berwarna pink fanta dengan motif kupu-kupu dan bunga. Begitu indah dan manis, bukan? Dapat saya rasakan kasih sayang mereka. Setiap hari dengan tulus berdoa agar semua impian saya tercapai. Selain itu punggung saya kuat dan tidak pernah lelah mengejar impian. Dan tentu saja dapat menjadi penulis hebat, seperti si pemilik tas cantik ini. Asma Nadia.

Tapi taukah Ayah, Mama? Sesungguhnya saya ingin menjadi seperti kalian. Sehebat Ayah yang memperkenalkan bahwa dunia menulis itu menyenangkan. Dari seorang penulis surat kabar, engkau berhasil menjelajahi Eropa dan berkunjung ke Baitullah. Dan setangguh Mama yang memperkenalkan bahwa impian itu harus diperjuangkan. Jangan pernah lelah dan menyerah akan setiap kegagalan. Bahkan meskipun seorang Ibu Rumah Tangga, engkau masih dapat mewujudkan mimpimu untuk berkontribusi ke masyarakat.

“Saya ingin seperti kalian. Bahkan lebih hebat dan tangguh dari kalian. Be A JilbabTravel Writer and Writerpreneur.”

Tas Asma Nadia (2012)
Demi merealisasikannya maka saya terus menulis, mencoba mengikuti lomba-lomba menulis dan blog, bertemu dengan orang-orang hebat, mengikuti seminar kepenulisan, bergabung dengan komunitas traveling hingga backpacker bahkan mencoba apply sebagai correspondent. Bagi saya semua itu bukanlah sebuah beban. Karena saya merasa bahagia menjalani prosesnya dan mencintai semua hal tersebut.

Ketika teman-teman bertanya, "kenapa sih bisa sering menulis di blog?" Saya hanya menjawab, karena saya menyukainya. Sehari tanpa aktifitas menulis rasanya hambar. Saya akan merasa bosan dan galau ketika tidak menulis. Jadi meskipun hanya sebatas menulis di diary, itu telah menjadi hal yang membahagiakan.

Alasan yang membuat saya terus berjuang hingga sampai saat ini adalah karena saya mencintai dunia menulis. Apabila impian menjadi Jilbab Travel Writer ataupun Writerpreneur tidak terwujud, hal itu bukanlah masalah. Karena saya akan tetap terus menulis. Dan Andaikan impian tersebut terwujud, bagi saya itu adalah sebuah “hadiah” dari Allah atas usaha dan doa yang saya panjatkan. Karena saya percaya, impian yang disertai usaha dan diiringi doa, tidak akan menjadi hasil yang sia-sia.
Passion makes you happy. Therefore, pursuing your passion will also make you happy. Impian membuat kamu bahagia. Oleh karena itu, mengejar impianmu pun juga akan membuatmu terasa bahagia.” (Dream Catcher by Alanda Kariza).
21 September 2015 lalu menjadi ulang tahun keempat saya di daerah rantau. Selain Impian yang membuat saya kuat. Maka doa orang tua yang hingga sampai saat ini membuat saya bertahan. Kami sekeluarga selalu sehat dan umurnya berkah is my first wish.

Di umur ke-21 tahun kali ini, memang tidak ada hadiah tas cantik. Tapi sebuah ucapan selamat dari Mama dan Ayah sudah menjadi kado terindah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya merayakan usia baru dengan menciptakan impian. Karena impian akan terwujud ketika kita telah berhasil menciptakannya. 
Dreams are invented. We are not born with them. Impian-impian itu diciptakan atau diundang. Karena kita tidak lahir bersama mereka (impian). (Dream Catcher by Alanda Kariza).”
Salah satu impian yang saya ciptakan di umur 21 tahun ini adalah: Traveling ke Republic of Korea.

Tahun lalu demi menciptakan impian untuk mengunjungi negeri ginseng, saya telah mencoba mengikuti lomba menulis artikel di blog berhadiah ke Korea. Ternyata Alhamdulillah rezekinya adalah perjalanan ke China. Bukan hanya itu, saya juga mencoba meng-apply sebagai ASEAN-Korea Center Correspondent, tapi masih belum berkesempatan lolos. Memasuki usia baru ini, tentu saja saya akan tetap berusaha mengambil peluang dan kesempatan yang sama dari lomba maupun lowongan yang berhubungan dengan passion saya dan Korea.

Selanjutnya saya akan mencoba mengikuti kegiatan kebudayaan Korea. Karena menurut saya jika ingin belajar dan mengetahui keunikan budaya luar, tidak harus menunggu untuk pergi kesana. Semangat yang tumbuh adalah sugesti bahwa suatu saat saya bisa ke Korea.
beebalqis.blogspot.com
Hanbok Experience di KCCI (Korea Cultural Center Indonesia)
Usaha lain yang saya lakukan adalah menabung agar dapat mengikuti IWO (Internasional Workcamp Organization) pada musim panas tahun 2016 di Republic of Korea. Program yang telah saya dambakan sejak tahun 2013. Namun selalu terkendala dana, sehingga harus tertunda dua tahun. Dan ditahun ketiga ini saya akan berjuang menciptakan impian ke Korea menjadi kenyataan. Sehingga perjalanan ke Korea saya tidak hanya sekedar berpetualang, tapi juga bermanfaat.
“Jangan takut bermimpi, sekalipun terlihat tidak mungkin.” (#Twitografi_AsmaNadia)
Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka.” (QS. Ar-ra’d:11)
beebalqis.blogspot.com

Tulisan saya lainnya tentang Korea:

Comments

  1. Waow. Keren, Mbak. Terus kejar impianmu ... semoga sukses, ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga impian mbak khulatul juga tercapai ya...

      Delete
  2. selamat ulang tahun kakaaak. semoga sgala impiannya kewujud yaah :)) smoga jadi writerprenuer dan jilbab traveler :) saluut, aku jg bkal smangat ngejar smua mimpi akuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih muthi. Kamu mimpinya juga keren... bahkan sudah nerbitin buku. Semaangat :)

      Delete
  3. Happy B'day, Mbak.
    Semoga semua impianmu dapat terwujud, aamiin.

    ReplyDelete
  4. aamiin saya doakan semoga impiannya tercapai ya okka, mudah-mudahan kita segera berangkat dengan Cheria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak ev *pelukmbakev*. Thank you. Iya mbak, semoga kita segera berangkat dgn cheria ya.. udh mau setahun ey.

      Delete
  5. Semoga mimpi mimpinya tercapai ya mbak..amiinn
    dikau mah keren bgd mbk, masih muda begitu sdh punya prestasi se keren itu..kece

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak inda. Alhamdulillah. Dikau juga keren mbak :)

      Delete
  6. Met milad...keren ih, semoga cita2nya tercapai ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak ida. Aamiin. Semoga cita2nya mbak ida juga tercapai ya :)

      Delete
  7. Inspiring sekali Kak ;)
    Semoga impian dan cita-citanya terkabul aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. semoga impian dan cita-cita dewanty juga tercapai ya... aamiin :)

      Delete
  8. Kereeeennnn....saya kagum sekali... saya juga pengen lebih fokus dlam menulis ...semoga bisa lah untuk jangka panjang..sukses trrus ya..

    ReplyDelete
  9. pasti bangga punya orang tua yang memberi support. Semoga sukses terus ya...

    ReplyDelete
  10. Hai Oka :)
    Ternyata usiamu 21 tahun yaaah, duh lagi ranum-ranumnya ituuuh....
    *apasih*
    Selamat ulang tahun yah, semoga sehat selaluuu...

    Dan InsyaAllah tercapai cita-citamu untuk bisa menginjakkan kaki di negeri ginseng yah...
    Aku turut mendoakan :))

    ReplyDelete
  11. bajunya suka...pink gitu.... Salam kenal ya Oka

    ReplyDelete
  12. Masyaa Allah dek Oka...
    Dr kemarin saya senang baca tulisanmu.. krn sebgian orientasimu senada dengan saya.
    Sukses berkarya yaa sayang....
    Barakallah fiyumrik yaa dear...
    Ditunggu cerita selanjutnya

    ReplyDelete
  13. Waaahh.. barakalahu fii umrik..
    Semoga mimpi-mimpinya tercapai dan bermanfaat bagi sesama^^

    Allahumma Aamiin

    ReplyDelete
  14. Selamat ulang tahun ya, sehat selalu...Semoga keinginannya ke korea tercapai...Oiya, jangan lupa ajakin aku ketemu oppa ganteng ya *eh* hahaha...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu TelurPernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan?
Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl. Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus. Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk. Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan.
Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur, dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.

4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI

Selama liburan, banyak yang bertanya-tanya ke saya, "kuliah di kampus mana?" Saya jawab, “STEI SEBI di Depok.” Tapi rasa ingin tau mereka biasanya tidak cukup sampai disitu. Pertanyaan-pertanyaan seperti, “Depoknya dimana? Itu kampus apa? Ada berapa fakultas? Semester berapa? Jurusan apa? Kenapa kuliah disana?” Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan terkait kampus tercinta saya. Tapi tidak saya pungkiri banyak yang ujung-ujungnya malah menjurus pada pertanyaan, “Kapan nikahnya?” atau “Cowoknya siapa?” *tepok jidat*.
Baiklah kali ini saya bukan mau curhat karena ditodong seputar pertanyaan “mana cowoknya?”. Tapi saya ingin bercerita seputar kampus saya. Alasanya sih simpel, agar semua orang kenal kampus STEI SEBI Depok.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok. Terletak di Jalan Raya Bojongsari, Gang Mungkin Bojongsari Depok. Terdapat dua jurusan, yaitu Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah.
Berikut 4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI. Sebenarnya banyak sih, bukan …

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea
Judul               : Love Sparks in Korea Penulis            : Asma Nadia Penerbit          : Asma Nadia Publishing House Jumlah Hal    : 374 halaman Harga              : Rp.64.500,- ISBN                : 978-602-9055-39-9
Menyusul kesuksesan film Assalamu’alaikum Beijing dan Surga yang Tak Dirindukan, maka film Love Sparks in Korea pun akan segera hadir mewarnai perfilman Indonesia. Film berlatarkan Negeri Ginseng ini adalah sebuah kisah cinta dari novel dengan judul yang sama. Sebuah karya hebat dari Jilbab Travel Writer terkenal. Asma Nadia.
Di novel Assalamu’alaikum Beijing, saya banyak belajar makna tegar dari sosok Asma yang bersahabat dengan APS-nya. Lalu novel Surga Yang Tak Dirindukan, mengenalkan sabar dan ikhlas dari Arini. Sedangkan novel Love Sparks in Korea, mengajarkan untuk terus membangun impian dan tidak pernah menyerah.