Skip to main content

Pulau Maratua - Pesona Pulau Terluar Indonesia di Kepulauan Derawan

Pulau Maratua - Pesona Pulau Terluar Indonesia di Kepulauan Derawan

Pulau Maratua, Pesona Pulau Terluar Indonesia di Kepulauan Derawan 

Assalamualaikum. Hello semuanya. Sudah baca tulisan Bee di Derawan part 1. Belum? Kalau mau baca dulu yang Part 1 silahkan, atau mau langsung baca yang ini (part 2) juga monggo.


Di part ke-1 perjalanan di Derawan, Bee sudah ada singgung sedikit cerita raykat dari pulau-pulau sekitar Derawan. Maka di blog post kali ini saya akan menceritakan langsung keseruan dari mengunjungi pulau-pulau tersebut. Pulau pertama yang dikunjungi adalah Pulau Maratua.

Pulau Maratua merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi. Selain itu pulau ini juga berbatasan dengan negara jiran Malaysia. Pulau Maratua berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan.

Menemukan ‘surga’ di Pulau Maratua

Pagi hari sekitar pukul 7 pagi kami berangkat dari Pulau Derawan ke Pulau Maratua. Tak lupa kami memanjatkan doa agar selama perjalanan selamat dan lancar. Ada rasa khawatir menjalar melihat langit yang mendung dan gelap.

“Pak, sepertinya mau hujan. Apa tidak masalah kalau tetap berangkat?” ucap Mba Ev ke Pak Hasan (guide kami).

“Kalau mendung atau hujan gerimis, kita masih bisa jalan. Yang berbahaya jika angin kuat,” Pak Hasan menjelaskan.

Meskipun begitu saya, Mba Ev dan Mba Septi tetap ngeri-ngeri seru merasakan hentakan gelombang ombak mengenai speedboat. Sesekali kami bertiga berteriak kecil menahan tubuh yang kadang-kadang beranjak dari tempat duduk. Hehe. Kalau dua pria di depan (Mas Ali dan Irul), malah adem, gak banyak bersuara. Tapi mungkin mereka dalam hatinya juga komat-kamit kayak kami, hehe.

Semua ketegangan selama perjalanan akhirnya terbayarkan melihat warna laut biru tosca jernih. Ditambah lagi cantiknya Maratua Paradise Resort yang spontan mengingatkan kita semua dengan Maldives.

Maratua Paradise Resort di Pulau Maratua
Pulau Maratua
Maratua Paradise Resort
Maratua Paradise Resort
Pulau Maratua
Pulau Maratua
Pesona Pulau Terluar Indonesia di Kepulauan Derawan
Panorama dari depan Maratua Paradise Resort
Blogger Indonesia Explore Maratua Paradise Resort - Pulau Maratua
Santai~
Jilbab Travel Blogger Explore Maratua Island Indonesia
:)
Pulau Maratua Kalimantan Timur
Pulau Maratua
Wonderful Indonesia in Maratua Island East Kalimantan
Jejeran kamar dari Maratua Paradise Resort
Indonesia Blogger travelling to Maratua Island
Wajah-wajah excited :D
Sesampai di Pulau Maratua lensa kamera kami tak henti-hentinya mengabadikan ciptaan Tuhan dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini. Setelah menikmati hangatnya teh manis dan kue yang disajikan, maka kami tanpa aba-aba langsung berburu foto di setiap sudut pulau dan resort.

Buat kamu pecinta fotografi, suka selfie dan pemburu foto yang instagramable, maka Pulau Maratua adalah 'surga' nya. Panorama langit biru berpadu serasi dengan laut berwarna biru tosca, jejeran pohon kelapa dan berdirinya resort cantik. Sungguh sangat memanjakan mata.

Pengennya sih kalau ke Derawan lagi, nginapnya disini (Maratua Paradise Resort) hehe.

Loncat Dari Tebing Goa Halo Tabung

Destinasi selanjutnya yang juga berlokasi di Pulau Maratua adalah Goa Halo Tabung atau dulu lebih dikenal dengan nama Goa Haji Mangku. Sebab yang menemukan goa tersebut adalah Bapak Haji Mangku.

Butuh kehati-hatian sewaktu menuju Goa Halo Tabung, karena jalannya penuh karang dan kayu. Tak sampai sepuluh menit akhirnya kami tiba di lokasi bersama guide dari pihak pengelola Goa.

Ada daya tarik tersendiri dari Goa Halo Tabung ini, yaitu airnya yang berwarna biru safir jernih. Sangat eksotis dipandang mata. Sepertinya semua traveller yang pernah kemari setuju bahwa Goa Halo Tabung ini memang indah tapi seram. Sebab selain suasananya sedikit spooky, kedalaman goa ini dikabarkan sekitar 35 meter.  

Sudah jauh-jauh kemari tentu sayang banget kalau nggak nyebur alias berenang. Tinggal pilih deh, turun lewat jalan di ujung goa, atau yang paling mudah terjun langsung dari bibir goa yang tingginya kira-kira 4 sampai 5 meter.

Goa Halo Tabung di Kalimantan Timur
Sampe di Goa Halo Tabung
Berenang di Goa Halo Tabung Kalimantan Timur
Lingkaran kecil, lingkaran besar, lingkarang kecil la la la la~
Berenang di Goa Halo Tabung Kalimantan Timur
Thanks to Mba Ev take this pic :*
Indahnya Goa Halo Tabung Kalimantan Timur
Berenang di goa Halo Tabung
Wisata di Kepulauan Derawan - Goa Halo Tabung
:D
Wisata di Kepulauan Derawan - Goa Halo Tabung
Bye Bye~ Goa Halo Tabung
Wisata di Kepulauan Derawan - Goa Halo Tabung
Sekitar Goa Halo Tabung, hutan~ :D
Irul nyebur diiukuti Kang Ali yang juga ikutan nyebur. Sedangkan Bee? Ada diskusi kecil di kapala. Loncat enggak, loncat iya, enggak, iya. Aaaaa, well, sudah-sudah jauh kemari hayolah rasakan loncat di Goa Halo Tabung.

‘Byuuuur’ akhirnya Bee ikutan loncat sambil teriak nyaring gak jelas. Haha. Gara-gara nyebur dan loncat itu, Bee baru sadar kalau air goanya asin cuuuy. Setelah puas berenang waktunya naik dan melanjutkan perjalanan ke Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki. Oh ya sewaktu naik atau keluar dari goa, kamu harus hati-hati karena harus masuk ke celah-celah gua.



Bagaimana keseruan perjalanan kami di Pulau Maratua - Pesona Pulau Terluar Indonesia di Kepulauan Derawan? Sampai jumpa di blog post selanjutnya. Terus bersyukur dan tebar kebaikan. Salam

Tips Travelling ke Goa Halo Tabung:

1. Hati-hati saat jalan menuju dan sekitar Goa Halo Tabung karena banyak karang tajam. Saya sendiri tanpa sadar jempol kaki udah berdarah aja. Mba ev atau mba septi (lupa siapa) kayaknya juga sempat luka karena karang juga. Solusinya pakailah alas kaki yang kuat dan tahan dengan karang tajam.

2. Supaya lebih aman, datanglah ke Goa Halo Tabung bersama guide atau pemandu setempat yang memang sudah ada di depan pintu loket masuk ya guys.

3. Yang ini mah gak perlu dikasi tau kayaknya udah jelas pasti dibawa ya, hehe. Snorkeling set dan kamera waterproof agar perjalanan kamu semakin seru.

Comments

  1. Pulau Mertuanya Sang Perawan Nih ;-)

    ReplyDelete
  2. Wakakak postingan ke derawan masih beljm kelar juga ..
    Kira kira masih ada berapa part lagi nih yang bakal di posting ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru bangun dari hibernasi aku, muhehe. tinggal 1 part lagi XD

      Delete
  3. Airnya itu lho, surga dunia. nice!

    ReplyDelete
  4. wowww, indahnya airnya jernih sekali semoga selalu tetap dipelihara keasliannya

    ReplyDelete
  5. Huaaa.. Keren banget ya tempatnya :)

    ReplyDelete
  6. Wah resortnya asyik, bisa lihat pemandangan indah dari situ. Airnya biru jerniiihhh.

    ReplyDelete

  7. Masyaallah Indaaahnya Mbaakk..Pulaunyaaa cantik..beruntungnya bisa kesanaa

    ReplyDelete
  8. ahhhhhh, surgawiiiiii bangeeeet. Ajak aku ke sini dooong, Bee!

    ReplyDelete
  9. loncat dari tebiiiing.... AKu gak yakin berani... tp tempatnya memang indah bangettt... Who needs to go to Maldives kl tempat ini jg sama indahnya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu TelurPernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan?
Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl. Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus. Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk. Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan.
Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur, dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.

4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI

Selama liburan, banyak yang bertanya-tanya ke saya, "kuliah di kampus mana?" Saya jawab, “STEI SEBI di Depok.” Tapi rasa ingin tau mereka biasanya tidak cukup sampai disitu. Pertanyaan-pertanyaan seperti, “Depoknya dimana? Itu kampus apa? Ada berapa fakultas? Semester berapa? Jurusan apa? Kenapa kuliah disana?” Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan terkait kampus tercinta saya. Tapi tidak saya pungkiri banyak yang ujung-ujungnya malah menjurus pada pertanyaan, “Kapan nikahnya?” atau “Cowoknya siapa?” *tepok jidat*.
Baiklah kali ini saya bukan mau curhat karena ditodong seputar pertanyaan “mana cowoknya?”. Tapi saya ingin bercerita seputar kampus saya. Alasanya sih simpel, agar semua orang kenal kampus STEI SEBI Depok.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok. Terletak di Jalan Raya Bojongsari, Gang Mungkin Bojongsari Depok. Terdapat dua jurusan, yaitu Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah.
Berikut 4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI. Sebenarnya banyak sih, bukan …

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea
Judul               : Love Sparks in Korea Penulis            : Asma Nadia Penerbit          : Asma Nadia Publishing House Jumlah Hal    : 374 halaman Harga              : Rp.64.500,- ISBN                : 978-602-9055-39-9
Menyusul kesuksesan film Assalamu’alaikum Beijing dan Surga yang Tak Dirindukan, maka film Love Sparks in Korea pun akan segera hadir mewarnai perfilman Indonesia. Film berlatarkan Negeri Ginseng ini adalah sebuah kisah cinta dari novel dengan judul yang sama. Sebuah karya hebat dari Jilbab Travel Writer terkenal. Asma Nadia.
Di novel Assalamu’alaikum Beijing, saya banyak belajar makna tegar dari sosok Asma yang bersahabat dengan APS-nya. Lalu novel Surga Yang Tak Dirindukan, mengenalkan sabar dan ikhlas dari Arini. Sedangkan novel Love Sparks in Korea, mengajarkan untuk terus membangun impian dan tidak pernah menyerah.