Langsung ke konten utama

4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI

beebalqis.blogspot.com

Selama liburan, banyak yang bertanya-tanya ke saya, "kuliah di kampus mana?" Saya jawab, “STEI SEBI di Depok.” Tapi rasa ingin tau mereka biasanya tidak cukup sampai disitu. Pertanyaan-pertanyaan seperti, “Depoknya dimana? Itu kampus apa? Ada berapa fakultas? Semester berapa? Jurusan apa? Kenapa kuliah disana?” Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan terkait kampus tercinta saya. Tapi tidak saya pungkiri banyak yang ujung-ujungnya malah menjurus pada pertanyaan, “Kapan nikahnya?” atau “Cowoknya siapa?” *tepok jidat*.

Baiklah kali ini saya bukan mau curhat karena ditodong seputar pertanyaan “mana cowoknya?”. Tapi saya ingin bercerita seputar kampus saya. Alasanya sih simpel, agar semua orang kenal kampus STEI SEBI Depok.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok. Terletak di Jalan Raya Bojongsari, Gang Mungkin Bojongsari Depok. Terdapat dua jurusan, yaitu Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah.

Berikut 4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI. Sebenarnya banyak sih, bukan cuma empat. Tapi dari pada tulisannya jadi kepanjangan, lebih baik teman-teman STEI SEBI sendiri yang nambahin di kolom komentar blog saya atau di blog atau social media masing-masing ya. Hehehe.

1. Kampus Yang Memberikan Beasiswa 100%

Alasan saya masuk ke STEI SEBI Depok salah satunya ini nih: BEASISWA. Awalnya saya itu pengen banget masuk kampus negeri islam di Jakarta. Tapi tiga kali test, tiga kali pula saya tidak lulus disana. Mungkin sudah suratan takdir, saya malah lulus di kampus pilihan terakhir saya. Dan setelah dijalani, I feel amazing study in there.

Di STEI SEBI ada tiga jenis BEASISWA 100%. Pertama adalah Beasiswa SDM EKSPAD. Kedua adalah Beasiswa Entrepreneur. Dan terakhir adalah Beasiswa Hafizh Qur’an.

Beasiswa SDM Ekspad adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa/i yang memiliki misi memperbaiki ekonomi di daerah asalnya. Melalui beasiswa ini, STEI SEBI mencetak SDM handal yang dapat mengaplikasikan ilmunya di daerah mereka masing-masing.

Beasiswa Entrepreneur adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa/i yang memiliki jiwa dan semangat berbisnis. Sehingga mahasiswa/i lulusan STEI SEBI dapat menjadi pembisnis hebat serta menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat Indonesia. Sekarang ini banyak penerima Beasiswa Entrepreneur yang telah sukses dengan bisnisnya. 
https://www.facebook.com/pmb.steisebi
Alumni STEI SEBI

Contohnya adalah Cinthia Dewira, mahasiswa semester 7 yang sukses dengan bisnis mansetnya hingga ke negeri jiran. Ada pula Dina Saputri, mahasiswa semester 7 yang telah berkecimpung di berbagai jenis bisnis mulai dari Jamur Crispy, Properti dan sekarang perlengkapan maupun peralatan olahraga. Dan masih banyak lagi pembisnis muda mahasiswa/i STEI SEBI. Cerita lengkapnya mungkin di lain waktu ya. Siapa tau ada job review produk mereka, hehehe :D *kode-kode*

Beasiswa Hafizh Qur’an adalah hadiah yang diberikan STEI SEBI untuk para penghafal Qur’an. Sehingga mahasiswa/i lulusan STEI SEBI dapat menjadi ekonom muda yang terus berada dalam naungan Al-Qur’an.

2. Kampus yang Menerapkan Nilai-Nilai Islam

Di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI mewajibkan seluruh mahasiswa/i untuk mentoring. Apa itu mentoring? Mentoring itu seperti kelompok disuksi agama. Jadi setiap kelompok memiliki anggota sekitar 10 orang mahasiswa/i. Setiap seminggu sekali, kita akan berkumpul dan diskusi secara santai untuk menambah ilmu ruhiyah. Biasanya ketika mentoring, kelompok saya suka minta sambil ngerujak atau masak cimol bahkan berenang. Nilai-nilai islam lainnya yang diterapkan di STEI SEBI adalah Wajib Tahsin untuk seluruh mahasiswa/i STEI SEBI. Masih banyak lagi, nilai-nilai islam yang saya pelajari disini. 

Sempat culture shock sih. Awal-awal orientasi kampus saat PROPEKA (Program Pengenalan Kampus) saya sempat berpikiran bakal disuruh pake atribut aneh-aneh kayak badut. Tapi perkiraan saya salah. Ternyata yang ceweknya disuruh pake jilbab panjang satu jengkal dari bahu. Terus tugas-tugas dari kaka senior juga enggak aneh-aneh. Cuma saya rada kelabakan aja. Karena tugasnya menghafal beberapa ayat di dalam Al-Qur'an. 

Dan itu bukan cuma saya sendiri yang mengalaminya, banyak teman-teman yang nasibnya seperti saya. Tapi Alhamdulillah, mereka semua mau bersabar dan terus menyemangati proses perbaikan. :)


https://www.facebook.com/pmb.steisebi
10 Karakter Mahasiswa STEI SEBI

3. Kampus Para Juara dan Ekonom Muda

Mata kuliah yang diajarkan di STEI SEBI adalah mata kuliah yang berkaitan erat dengan dunia ekonomi termasuk ekonomi syariah. Dosen-dosen yang mengajar adalah dosen-dosen hebat  mulai dari praktisi  ataupun akademis. Seperti mata kuliah Fiqh Transaksi Keuangan Kontemporer di semester lima yang dibimbing oleh Dr. Oni Sahroni MA, ulama dan peneliti di STEI SEBi yang berhasil mendapatkan penghargaan The Best Syariah Award 2015 dari majalah Investor.

Selain itu, banyak pula prestasi yang telah diraih mahasiswa/i STEI SEBI Depok seperti, STEI SEBI raih delapan juara dalam satu bulan,Juara 3 Lomba Call Paper tingkat Nasional di Kampus Udayana, Delegated BIMP-EAGA Youth Forum (East Asean Growth Triangle) dan masih banyak lagi.


https://www.facebook.com/pmb.steisebi

4. Kampus yang Memiliki Organisasi dan Event Hebat.

STEI SEBI memiliki tiga organisasi mahasiswa, yaitu BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), IsEF (Islamic Economic Forum) dan SSP (Sebi Solidarity for Palestine). Setiap bulan ketiga organisasi mahasiswa ini mengadakan seminar, kajian atau diskusi dengan mengangkat isu-isu populer terkait ekonomi, politik dan sosial.

Setiap tahun kegiatan-kegiatan pengenalan kampus untuk mahasiswa baru akan diadakan oleh perwakilan dari setiap anggota BEM, IsEF dan SSP. Begitu pula dengan event besar dan tahunan seperti, Gebyar Muslimah dan Gebyar Ekonomi Syariah. 

https://www.facebook.com/syaritujuh?fref=ts
Syahru Intifadhah 7
https://www.facebook.com/gebyarmuslimah15?fref=ts
Gebyar Muslimah 
https://www.facebook.com/pages/Gebyar-Ekonomi-Syariah/635955363143944?fref=ts
Gebyar Ekonomi Syariah 
SET IsEF SEBI
Sekian sekilas tentang kampus saya. Jangan khawatir bagi teman-teman yang berminat masuk STEI SEBI tapi bukan dari SMA/MA jurusan IPS atau SMK yang bukan dari jurusan Akuntansi. Karena dari pengalaman yang saya alami, banyak juga mahasiswa/i STEI SEBI yang berasal dari SMA/MA jurusan IPA dan Bahasa. Dan SMK dari jurusan tata boga hingga mesin.

Facebook: STEI SEBI

Komentar

  1. Waaah kereeeen.....
    Saya tertarik di beasiswa penghafal Alquran...
    Sukses yaaa mbaa
    Salam kenal dr Muty^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal muty. Kalau ada kesempatan, mampir ke STEI SEBI ya.. 😉

      Hapus
  2. Wa'alaikumsalam... Boleh kok, dengan senang hati. Kalau mau tanya-tanya via email saya ya: nurlailao@gmail.com atau fanspage saya: Bee Balqis Blog.

    Saran aja kalau mau informasi lengkap tentang sebi juga bisa di cp mereka: 0857-1400-1132 (Sa'adah)

    BalasHapus
  3. Kalo sama stei tazkia bogor lebih bagus mana nih?secara stei tazkia sepengetahuan saya selalu juara 1 olimpiade ekonomi syariah nasional,,bagaimana dengan sebi?maaf hanya menanyakan perbandingan bukan bermaksud apa2...

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum kaa,untuk info sebi , boleh minta kontak dari salah satu rekan kaka mungkin :), tertarik untuk sekolah di sebi :)

    BalasHapus
  5. MAsya Allah .... keren ya kampusnya Bee.
    Ternyata kuliahnya di Depok, ya.
    Baraakallahu fiik. Moga lancar kuliahnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur Pernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan? Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl . Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus . Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk . Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan. Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur , dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.

Satu Hari Explore Korea di Jakarta

Satu Hari Explore Korea di Jakarta -  Annyeong haseyo.  Welcome back to my blog. Untuk pendahuluan, saya ingin menjelaskan bahwa saya termasuk pencinta Korea. Tapi lebih ke tourism dan budaya. Mengenal dan belajar langsung budaya Korea di negaranya menjadi salah satu impian terbesar. Merasakan pengalaman empat musim di Negeri Kimchi selalu terbayang-bayang di kepala. Sambil menunggu belajar ke negeri aslinya, saya bisa mengenal lebih dahulu budaya negeri K-Pop ini di negera tercinta. Indonesia. Ya, selagi bisa dijangkau dompet dan badan (baca: gak jauh dari tempat tinggal). Jadi, hari Sabtu lalu saya bersama dua orang sahabat saya (juga Korea Addict) berangkat dari kosan menuju Korea Cultural Center Indonesia (KCCI). Soalnya disana lagi ada event Hanbok New Experience dengan teknologi green-screen (chroma key). Itu loh yang bisa pilih background lewat komputer. Nah berita bagusnya, disana kami berksempatan untuk memakai pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok sec

Perjalanan Hemat Sekeluarga Ala Backpacker ke Kuching, Malaysia

Assalamualaikum, halo semuanya! Menjelang lebaran Idul Fitri 2019 lalu, Bee mendapatkan tugas oleh kantor ke Kuching, Malaysia. Setelah beres urusan kerjaan, Bee ambil cuti dan berencana untuk menikmati bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi dengan melakukan perjalanan ala backpacker mulai dari Sarawak - Miri - Brunei Darussalam bersama keluarga, dan dilanjutkan backpacker-an dengan teman ke Kota Kinabalu.