Skip to main content

(Part 2) Pesona Indonesia di Ekor Kalimantan

Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat

(Part 2) Pesona Indonesia di Ekor Kalimantan - Hi semuanya! Kali ini saya akan melanjutkan cerita petualangan ke ekor Kalimantan, Temajuk. In previous blog post I told you about my journey to Temajuk. If you wondering to know, how long and how to get there? So check it in: (Part 1) Pesona Indonesia di Ekor Kalimantan.


As I said in my facebook fanspage (beebalqisblog), hari ini Bee akan menceritakan petualangan di Temajuk. Selama disana Bee dan keluarga seharian menjelajahi pantai dan tempat menarik lainnya seperti daerah perbatasan Indonesia – Malaysia.

Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Pos Perbatasan Indonesia
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Pos Jaga Perbatasan Indonesia - Malaysia
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
NKRI Harga Mati
Pagi harinya kami menuju pos perbatasan Indonesia yang ditempuh hanya lima belas menit dari rumah kenalan Mama. Untuk dapat ke daerah tetangga, kita harus dua kali melewati pos jaga. Pertama lapor dengan tentara yang berjaga di pos perbatasan Indonesia dan kedua lapor dengan tentara yang berjaga di pos Malaysia. Tentu saja panasnya matahari yang terik tidak menyurutkan semangat kami berjalan dan berkunjung ke negeri tetangga ini.
Welcome to Kampung Telok Melano, Sematan, Sarawak Malaysia
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Pos Jaga Perbatasan Malaysia
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Pos Jaga Perbatasan Malaysia
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Panas terik, tapi tetap semangat jalan-jalan :D
Setelah menikmati pantai di dermaga Kampung Telok Melano, Bee dan keluarga kemudian berjalan-jalan di sekitar kampungnya. Serta tak lupa singgah ke Kedai Runcit (kalau di Indonesia, seperti toko gitu) yang menyediakan makanan–makanan ringan atau kue Malaysia sebagai buah tangan. Selain itu ada pula makanan–makanan Indonesia yang juga dijual loh.
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Suasana pantai di Telok Melano, Sematan, Malaysia
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Here am i! :D
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Abaikan wajah yang maksa senyum XD
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Ini toko yang Bee ceritakan
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Nemu chocolatos hehe (bukan promosi yak) :D
Bagaimana dengan harganya? Ya, karena Bee berada di negeri orang, tentu mata uangnya bukan lagi rupiah. Melainkan ringgit. But don’t worry jika kamu berminat beli tapi belum mempersiapkan uang ringgit, karena kedai ini dapat menerima uang rupiah. Jadi seluruh barang yang kita beli dijumlahin pake ringgit, kemudian total tersebut dihitung ke dalam mata uang rupiah.

Beranjak dari Kampung Telok Melano, Bee melanjutkan perjalanan ke Temajuk dengan melewati pos jaga lagi. Di Temajuk, Bee ke dermaga Temajuk yang jaraknya sangat dekat dari pasar.
Pantai di Dermaga Temajuk
Say hello to the blue sky and ocean :D
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Sengaja candid XD
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Sengaja candid lagi XD
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Pantai di Dermaga Temajuk | Taken by Ayah
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Pak nelayan yang baru pulang (sepertinya)
Puas mengabadikan keindahan birunya laut dan duduk santai di pondok lesehan sambil minum air kelapa. Kami pun segera menuju ke pantai lainnya di tempat yang berbeda. Kali itu kami memutuskan untuk ke pantai yang katanya, belum sah ke Temajuk kalau belum kesini.
Teluk Atong Bahari
Akses ke pantai ini ternyata tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat. Sehingga kami memutuskan untuk memarkirkan mobil di depan area masuk pantai. Yang bikin saya kaget adalah tarif parkir mobil yang dipatok 20.000 rupiah per satu hari. Tapi ya sudahlah ya, namanya juga tarif per hari *legowo*.

Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Alhamdulillah, akhirnya sampai juga di Teluk Atong Bahari
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Peta wisata desa Temajuk
Dari pintu masuk, kami menggunakan ojek motor menuju Teluk Atong. Selama perjalanan lima belas menit, Bee melewati hutan bakau, pohon kelapa, berbagai macam penginapan dan pemandangan pantai dari kejauhan. Sedangkan untuk tarif ojek cukup murah kok, yaitu 15.000 rupiah. Sebenarnya bisa saja sih kalau mau jalan kaki santai, tapi karena Bee dan keluarga di kejar waktu juga membawa bocah. Maka pilihan naik ojek adalah yang lebih oke.

Sayangnya waktu kami berkunjung kurang pas, dimana seluruh sudut pantai penuh dengan tenda dan manusia. Rasanya kurang puas menikmati pantai ini. Meskipun begitu, Bee tetap bersyukur masih bisa mengabadikan keindahan pesona Indonesia di ekor kalimantan ini. Air pantainya yang jernih dengan batu-batu besar di bibir pantai. Teriknya sinar matahari semakin menambah kilau pantai bagaikan kristal berpadu dengan langit biru dan awan putih yang cantik. Pemandangan yang Masya Allah memanjakan mata.
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Masya Allah, airnya bening banget...!
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Wonderful Indonesia...
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Sudut mana pun tetap terlihat indah
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Seperti surga yang tersembunyi
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Langit dan laut biru, gumpalan awan putih bak kapas dan matahari yang bersinar.
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Ada yang keasyikan main air di pantai XD
Seharian di pantai, membuat kulit wajah Bee langsung berubah semakin berwarna coklat. Padahal udah pakai sunblock, tapi tetap aja jadi coklat gosong. But i’m no worry because being a tanned is a exotic, lol hehehe.

Sebenarnya masih banyak lagi objek wisata di Temajuk. Tapi berhubung kami hanya punya waktu sehari, jadi ya Bee syukuri bisa ketiga tempat ini. Next time Bee mau lagi balik ke sini untuk explore lebih jauh keindahan Temajuk. Seperti ke Pantai Sixteen yang terkenal dengan kombinasi hamparan pantai luas dengan jejeran pohon cemara yang rapi. Lalu ke Pantai Surya yang katanya memiliki keindahan pemandangan pantai berbatu yang unik. Ada juga Batu Nenek yaitu batuan purba raksasa yang eksotis, bahkan jika air sedang surut terdapat pulau yang dapat dikunjungi. Keren gak tuh?!  Selain itu melihat terumbu karang di Pantai Maludin. Ah, pokoknya masih banyak deh tempat bagus di Temajuk ini.

Semoga daya tarik keindahan pesona Indonesia di ekor Kalimantan ini juga dibarengi dengan infrastruktur pembangunan  termasuk jalan yang semakin baik. Aamiin.
Pesona Indonesia di Temajuk, Kalimantan Barat
Bye bye, Teluk Atong...
So, jika kamu punya waktu lama berada di Kalimantan Barat dan ingin berpetualang jauh dari hiruk pikuk kota, Temajuk dapat menjadi pilihan.

Catatan
  1. Jika tidak ingin kehabisan penginapan, kamu bisa memesan jauh – jauh hari. Tapi berhubung, jaringan sinyal disana sulit. Jadi bisa meminta tolong seseorang atau perwakilan teman untuk kesana terlebih dahulu. Atau kalau berasa ribet untuk bolak – balik karena jauh, kamu bisa bawa tenda.
  2. Pilihlah hari saat dimana bukan hari libur nasional atau libur panjang.
  3. Harga pengingapan mulai dari 100.000 rupiah. 
  4. Kendaraan terbaik untuk jalan - jalan selama di Temajuk adalah motor :)

Sekian cerita saya di Temajuk. Selanjutnya saya akan menceritakan perjalanan saya ke salah satu pulau di Kalimantan Barat. Kalau sebelumnya saya pernah ke Pulau Seribu Bagan (Pulau Kabung), terus kira - kira pulau mana yang saya kunjungi? Penasaran? So terus pantau blog  Bee ya. Thank you.
Penampakan mobil setelah perjalanan di Temajuk. 

Comments

  1. Sepertinya boleh silaturahim ke rumah teman Mamanya Bi nih jika mau kesana, gimana bolehkah Bi? :-)

    ReplyDelete
  2. wiiih udah smp ke ekornya kalimantan niih kereen!

    ReplyDelete
  3. Berasa ikutan dalam perjalanannya.

    Baru sekali ke kalimantan itupun bukan di ekornya. Masih di kotanya.

    Si mba beruntung sudah ke ekornya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo kalau ke kalbar, main ke ekor kalimantannya ya..

      Delete
  4. wah kalimantan indah juga pantainya *komen blogger yg blm pernah ke kalimantan*

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum Bi, salam kenal ya.
    Masyaallah....cakep banget pantai dan langitnya.
    Saya pernah tinggal di Kalimantan tapi belum sampai ke ujungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam... salam kenal juga. Semoga berkesempatan main kesini juga ya.

      Delete
  6. Wow. Itu pas ke negara tetangga pake passport juga kah, Mba?

    Pengen iiih😍

    ReplyDelete
  7. indah banget ya. kayanya masih jarang ya yang pada kesan. penginapanya juga masih tergolong murah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Yg paling murah penginapan cuma 100rb doang

      Delete
  8. KEREEEENNN ! next ajak aku donk kak... Pengen deh traveling...

    ReplyDelete
  9. keren perjalanannya. Keindahannya masih alami :)

    ReplyDelete
  10. Keep sharing mbak. Aku nikmatin banget cerita plus foto-fotonya.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu TelurPernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan?
Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl. Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus. Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk. Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan.
Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur, dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.

4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI

Selama liburan, banyak yang bertanya-tanya ke saya, "kuliah di kampus mana?" Saya jawab, “STEI SEBI di Depok.” Tapi rasa ingin tau mereka biasanya tidak cukup sampai disitu. Pertanyaan-pertanyaan seperti, “Depoknya dimana? Itu kampus apa? Ada berapa fakultas? Semester berapa? Jurusan apa? Kenapa kuliah disana?” Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan terkait kampus tercinta saya. Tapi tidak saya pungkiri banyak yang ujung-ujungnya malah menjurus pada pertanyaan, “Kapan nikahnya?” atau “Cowoknya siapa?” *tepok jidat*.
Baiklah kali ini saya bukan mau curhat karena ditodong seputar pertanyaan “mana cowoknya?”. Tapi saya ingin bercerita seputar kampus saya. Alasanya sih simpel, agar semua orang kenal kampus STEI SEBI Depok.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok. Terletak di Jalan Raya Bojongsari, Gang Mungkin Bojongsari Depok. Terdapat dua jurusan, yaitu Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah.
Berikut 4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI. Sebenarnya banyak sih, bukan …

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea
Judul               : Love Sparks in Korea Penulis            : Asma Nadia Penerbit          : Asma Nadia Publishing House Jumlah Hal    : 374 halaman Harga              : Rp.64.500,- ISBN                : 978-602-9055-39-9
Menyusul kesuksesan film Assalamu’alaikum Beijing dan Surga yang Tak Dirindukan, maka film Love Sparks in Korea pun akan segera hadir mewarnai perfilman Indonesia. Film berlatarkan Negeri Ginseng ini adalah sebuah kisah cinta dari novel dengan judul yang sama. Sebuah karya hebat dari Jilbab Travel Writer terkenal. Asma Nadia.
Di novel Assalamu’alaikum Beijing, saya banyak belajar makna tegar dari sosok Asma yang bersahabat dengan APS-nya. Lalu novel Surga Yang Tak Dirindukan, mengenalkan sabar dan ikhlas dari Arini. Sedangkan novel Love Sparks in Korea, mengajarkan untuk terus membangun impian dan tidak pernah menyerah.