Skip to main content

IHB Workshop: Belajar Basic Photography Bersama Efenerr

Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography

IHB Workshop: Belajar Basic PhotographyBersama Efenerr – Assalamu’alaikum. Hallo semuanya. Bee mau tanya nih, Apa saja sih akun sosial media kamu? Instagram? Facebook? Twitter? Path? Atau semuanya punya? Seringnya kalau update foto, foto apa? Hehe, Bee kepo banget ya?!

Pertanyaan-pertanyaan di atas ada hubungannya kok sama blog post kali ini. Mungkin sudah ketebak ya?! Yap, fotografi. Kira-kira kalian pernah nggak sih bergumam, ketika lihat foto-foto cakep juga keren entah itu OOTD atau pemandangan atau juga food yang berseliweran di timeline/ wall sosial media?
“Ih, keren. Kok bisa sih foto sebagus ini? Gimana caranya dah foto bagus gini?
Kurang lebih biasanya komentar aku kita seperti itu. Jujur saja Bee penasaran banget bagaimana caranya bisa dapatin hasil jepretan sebagus dan sekece foto-foto tersebut. Nah kebetulan sabtu lalu (5/11/2016) Bee berkesempatan belajar basic photography bersama teman-teman Indonesia Hijab Blogger dengan pemateri yang memang sudah handal di bidang ini, Efenerr. Seorang Travel Blogger, Writer dan Photographer. Pokoknya sudah expert dibilang cekrek-cekrek profesional.
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Bang Efenerr menyampaikan materi fotografi dengan moderato Mba Fika 
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Can you spot me, where am i? Hehe.
Setelah kegiatan workshop fotografi di Shopie Paris Buliding, Bee langsung ngebatin. “Ampun dah ternyata selama ini foto-foto aku banyak yang gak benarnya. Mulai dari composition sampai technical side.” Karena selama ini Bee kalau foto cuma pake insting dan feeling doang.

Mungkin beberapa dari kamu juga memiliki kasus yang sama dengan Bee. Don’t worry! I will tell to you what I got in there. Tapi ya mungkin ada yang kurang dan terasa belum lengkap atau ada yang miss dari tulisan ini. Jadi harap dimaklumi ya. Here we go!

  •  Basic Theory Dalam Basic Photography

Sebagai langkah awal belajar fotografi ada teori dasar yang mesti kita ketahui dulu, yaitu Aperture, Shutter dan ISO.

1. Aperture

Kamu tentu pernah lihat foto makanan atau objek yang latar belakangnya ngeblur gitu, kan? Nah inilah yang disebut Aperture. Pengertian Aperture ialah bukaan diafragma pada lensa kamera. Latar objek yang ngeblur itu adalah karena bukaan lensanya besar. Untuk melihat besar atau tidaknya bukaan tersebut, dapat dilihat dari angka F nya. Jadi semakin besar bukaan lensanya, maka semakin kecil angka F nya. Begitu pula sebaliknya. Bisa dilihat difoto bawah angka F2,8. Menghasilkan latar objek yang cukup ngeblur. Kalau yang ngeblur gitu bahasa fotografinya Bokeh.
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Kelihatan kan yak angka F nya: F2.8 (diambil dengan kamera digital)
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Ini hasilnya 
2. Shutter
Jujur saja kalau kata Shutter lebih familiar ditelinga Bee. Secara sekilas saya pahamnya Shutter ini berfungsi untuk foto objek yang bergerak. Bedanya dengan Aperture, kualitas shutter semakin bagus, apabila angka shutternya semakin besar. Sehingga jika foto orang sedang lari, menari atau aktifitas apapun yang bergerak tidak perlu khawatir burem hasil fotonya. Karena daya kecepatan jepretnya, “Cekrek, krek, krek, krek, rek, rek,” (anggap aja suara shutter kameranya, hehe).

3. ISO
Nah kalau ISO ini Bee sering banget lihat di layar kamera digital. Tapi yaa begitu cuma sekedar tau dan nggak mengerti fungsi juga cara menggunakannya. Ternyata semakin besar angka ISO, maka hasil fotonya lebih tajam. Bang Efenerr menjelaskan bahwa biasanya ISO 50 – 800 digunakan untuk siang dan ISO lebih dari 800 untuk malam.  

  • Basic Composition

Komposisi dasar fotografi yang dijelaskan ada empat, yaitu Rooloften (membagi bidang foto menjadi tiga bagian sama besar), Segitiga dan Diagonal.

  • Techincal Side

Berbicara tulis menulis blog atau suatu artikel di webstie tentu gambar sangat penting demi mendukung tulisan agar menarik pembaca dan membuat pembaca betah, bukan? Nah bagian ini menjelaskan seberapa besar sih ukuran foto yang baik untuk blog? ternyata ukuran foto yang paling kecil adalah 640 x 480 sedangkan maksimal ukurannya adalah 1920 x 1080. Sedangkan rasio fotonya ialah 4:3 dan 16:9.
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Rangkuman dari Aperture, Shutter dan ISO

Challenge
Setelah melahap materi yang disampaikan Bang Efenerr. Tinggal action alias praktek langsung di lapangan. So, Bee dan teman-teman peserta workshop dibagi empat grup, lalu diberikan challenge yang berbeda untuk memotret. Hasil challenge dari grup Bee Balqis dan teman-teman ada dibawah ini:
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Hasil foto grup kami
Sekian cerita pengalaman belajar fotografi sabtu lalu. Semoga bermanfaat. Oh ya Bee mau tutup dengan quotes nih (gaya biar keliatan keren dan hitz, hehe). Jangan lupa bahagia dan bersyukur ya. Salam.

“It Isn’t About The Tools, It’s About The Person Behind It.” (Efenerr)

“Remember The Composition Is Important, But Also Rules Are Meant To Be Broken. So The Mainpoint Is To Enjoy Yourself Photographing And  Photograph In Your Own Way, Your Own Style.” (Steve McCurry).
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Thank You Shopie Paris buat paket Muslimah nya :*
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Like it :)
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Thank you Misla untuk bingkisan cantiknya :*
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Thank you Dapurqu_Jakarta untuk makanan enaknya :*

Comments

  1. Waahh.. Senangnya bisa baca tentang workshop ini. Kemarin gak fokus, jadi ketinggalan banyak deh huhuhuhu. TFS yaa. :)

    ReplyDelete
  2. wah okka ikutan tho, aku waktu itu juga diajak tapi lagi jetlag, Mas Ef ini memang pakarnya banget deh soal fotografi, tau gitu aku minta ajarin waktu ketemu kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sayang banget mba ev gak ikutan. next time semoga bisa bareng ikutan ya :)

      Delete
  3. wahh ada akuuu sekilass kefoto..hihihi Btw, selamat yaa kelompoknya menang photo challenge ya.. emang kecee banget sih hasil fotonya :)

    ReplyDelete
  4. Seru sekali hasil reviewnya Mba Oka, semoga bersua di event lainnya ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu TelurPernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan?
Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl. Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus. Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk. Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan.
Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur, dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.

4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI

Selama liburan, banyak yang bertanya-tanya ke saya, "kuliah di kampus mana?" Saya jawab, “STEI SEBI di Depok.” Tapi rasa ingin tau mereka biasanya tidak cukup sampai disitu. Pertanyaan-pertanyaan seperti, “Depoknya dimana? Itu kampus apa? Ada berapa fakultas? Semester berapa? Jurusan apa? Kenapa kuliah disana?” Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan terkait kampus tercinta saya. Tapi tidak saya pungkiri banyak yang ujung-ujungnya malah menjurus pada pertanyaan, “Kapan nikahnya?” atau “Cowoknya siapa?” *tepok jidat*.
Baiklah kali ini saya bukan mau curhat karena ditodong seputar pertanyaan “mana cowoknya?”. Tapi saya ingin bercerita seputar kampus saya. Alasanya sih simpel, agar semua orang kenal kampus STEI SEBI Depok.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok. Terletak di Jalan Raya Bojongsari, Gang Mungkin Bojongsari Depok. Terdapat dua jurusan, yaitu Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah.
Berikut 4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI. Sebenarnya banyak sih, bukan …

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea

Novel Jilbab Traveler Asma Nadia: Love Sparks in Korea
Judul               : Love Sparks in Korea Penulis            : Asma Nadia Penerbit          : Asma Nadia Publishing House Jumlah Hal    : 374 halaman Harga              : Rp.64.500,- ISBN                : 978-602-9055-39-9
Menyusul kesuksesan film Assalamu’alaikum Beijing dan Surga yang Tak Dirindukan, maka film Love Sparks in Korea pun akan segera hadir mewarnai perfilman Indonesia. Film berlatarkan Negeri Ginseng ini adalah sebuah kisah cinta dari novel dengan judul yang sama. Sebuah karya hebat dari Jilbab Travel Writer terkenal. Asma Nadia.
Di novel Assalamu’alaikum Beijing, saya banyak belajar makna tegar dari sosok Asma yang bersahabat dengan APS-nya. Lalu novel Surga Yang Tak Dirindukan, mengenalkan sabar dan ikhlas dari Arini. Sedangkan novel Love Sparks in Korea, mengajarkan untuk terus membangun impian dan tidak pernah menyerah.