Langsung ke konten utama

IHB Workshop: Belajar Basic Photography Bersama Efenerr

Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography

IHB Workshop: Belajar Basic Photography Bersama Efenerr – Assalamu’alaikum. Hallo semuanya. Bee mau tanya nih, Apa saja sih akun sosial media kamu? Instagram? Facebook? Twitter? Path? Atau semuanya punya? Seringnya kalau update foto, foto apa? Hehe, Bee kepo banget ya?!

Pertanyaan-pertanyaan di atas ada hubungannya kok sama blog post kali ini. Mungkin sudah ketebak ya?! Yap, fotografi. Kira-kira kalian pernah nggak sih bergumam, ketika lihat foto-foto cakep juga keren entah itu OOTD atau pemandangan atau juga food yang berseliweran di timeline/ wall sosial media?
“Ih, keren. Kok bisa sih foto sebagus ini? Gimana caranya dah foto bagus gini?
Kurang lebih biasanya komentar aku kita seperti itu. Jujur saja Bee penasaran banget bagaimana caranya bisa dapatin hasil jepretan sebagus dan sekece foto-foto tersebut. Nah kebetulan sabtu lalu (5/11/2016) Bee berkesempatan belajar basic photography bersama teman-teman Indonesia Hijab Blogger dengan pemateri yang memang sudah handal di bidang ini, Efenerr. Seorang Travel Blogger, Writer dan Photographer. Pokoknya sudah expert dibilang cekrek-cekrek profesional.
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Bang Efenerr menyampaikan materi fotografi dengan moderato Mba Fika 
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Can you spot me, where am i? Hehe.
Setelah kegiatan workshop fotografi di Shopie Paris Buliding, Bee langsung ngebatin. “Ampun dah ternyata selama ini foto-foto aku banyak yang gak benarnya. Mulai dari composition sampai technical side.” Karena selama ini Bee kalau foto cuma pake insting dan feeling doang.

Mungkin beberapa dari kamu juga memiliki kasus yang sama dengan Bee. Don’t worry! I will tell to you what I got in there. Tapi ya mungkin ada yang kurang dan terasa belum lengkap atau ada yang miss dari tulisan ini. Jadi harap dimaklumi ya. Here we go!

  •  Basic Theory Dalam Basic Photography

Sebagai langkah awal belajar fotografi ada teori dasar yang mesti kita ketahui dulu, yaitu Aperture, Shutter dan ISO.

1. Aperture

Kamu tentu pernah lihat foto makanan atau objek yang latar belakangnya ngeblur gitu, kan? Nah inilah yang disebut Aperture. Pengertian Aperture ialah bukaan diafragma pada lensa kamera. Latar objek yang ngeblur itu adalah karena bukaan lensanya besar. Untuk melihat besar atau tidaknya bukaan tersebut, dapat dilihat dari angka F nya. Jadi semakin besar bukaan lensanya, maka semakin kecil angka F nya. Begitu pula sebaliknya. Bisa dilihat difoto bawah angka F2,8. Menghasilkan latar objek yang cukup ngeblur. Kalau yang ngeblur gitu bahasa fotografinya Bokeh.
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Kelihatan kan yak angka F nya: F2.8 (diambil dengan kamera digital)
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Ini hasilnya 
2. Shutter
Jujur saja kalau kata Shutter lebih familiar ditelinga Bee. Secara sekilas saya pahamnya Shutter ini berfungsi untuk foto objek yang bergerak. Bedanya dengan Aperture, kualitas shutter semakin bagus, apabila angka shutternya semakin besar. Sehingga jika foto orang sedang lari, menari atau aktifitas apapun yang bergerak tidak perlu khawatir burem hasil fotonya. Karena daya kecepatan jepretnya, “Cekrek, krek, krek, krek, rek, rek,” (anggap aja suara shutter kameranya, hehe).

3. ISO
Nah kalau ISO ini Bee sering banget lihat di layar kamera digital. Tapi yaa begitu cuma sekedar tau dan nggak mengerti fungsi juga cara menggunakannya. Ternyata semakin besar angka ISO, maka hasil fotonya lebih tajam. Bang Efenerr menjelaskan bahwa biasanya ISO 50 – 800 digunakan untuk siang dan ISO lebih dari 800 untuk malam.  

  • Basic Composition

Komposisi dasar fotografi yang dijelaskan ada empat, yaitu Rooloften (membagi bidang foto menjadi tiga bagian sama besar), Segitiga dan Diagonal.

  • Techincal Side

Berbicara tulis menulis blog atau suatu artikel di webstie tentu gambar sangat penting demi mendukung tulisan agar menarik pembaca dan membuat pembaca betah, bukan? Nah bagian ini menjelaskan seberapa besar sih ukuran foto yang baik untuk blog? ternyata ukuran foto yang paling kecil adalah 640 x 480 sedangkan maksimal ukurannya adalah 1920 x 1080. Sedangkan rasio fotonya ialah 4:3 dan 16:9.
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Rangkuman dari Aperture, Shutter dan ISO

Challenge
Setelah melahap materi yang disampaikan Bang Efenerr. Tinggal action alias praktek langsung di lapangan. So, Bee dan teman-teman peserta workshop dibagi empat grup, lalu diberikan challenge yang berbeda untuk memotret. Hasil challenge dari grup Bee Balqis dan teman-teman ada dibawah ini:
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Hasil foto grup kami
Sekian cerita pengalaman belajar fotografi sabtu lalu. Semoga bermanfaat. Oh ya Bee mau tutup dengan quotes nih (gaya biar keliatan keren dan hitz, hehe). Jangan lupa bahagia dan bersyukur ya. Salam.

“It Isn’t About The Tools, It’s About The Person Behind It.” (Efenerr)

“Remember The Composition Is Important, But Also Rules Are Meant To Be Broken. So The Mainpoint Is To Enjoy Yourself Photographing And  Photograph In Your Own Way, Your Own Style.” (Steve McCurry).
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Thank You Shopie Paris buat paket Muslimah nya :*
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Like it :)
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Thank you Misla untuk bingkisan cantiknya :*
Indonesia Hijab Blogger Worksop: Photography
Thank you Dapurqu_Jakarta untuk makanan enaknya :*

Komentar

  1. Waahh.. Senangnya bisa baca tentang workshop ini. Kemarin gak fokus, jadi ketinggalan banyak deh huhuhuhu. TFS yaa. :)

    BalasHapus
  2. wah okka ikutan tho, aku waktu itu juga diajak tapi lagi jetlag, Mas Ef ini memang pakarnya banget deh soal fotografi, tau gitu aku minta ajarin waktu ketemu kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sayang banget mba ev gak ikutan. next time semoga bisa bareng ikutan ya :)

      Hapus
  3. wahh ada akuuu sekilass kefoto..hihihi Btw, selamat yaa kelompoknya menang photo challenge ya.. emang kecee banget sih hasil fotonya :)

    BalasHapus
  4. Seru sekali hasil reviewnya Mba Oka, semoga bersua di event lainnya ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satu Hari Explore Korea di Jakarta

Satu Hari Explore Korea di Jakarta -  Annyeong haseyo.  Welcome back to my blog. Untuk pendahuluan, saya ingin menjelaskan bahwa saya termasuk pencinta Korea. Tapi lebih ke tourism dan budaya. Mengenal dan belajar langsung budaya Korea di negaranya menjadi salah satu impian terbesar. Merasakan pengalaman empat musim di Negeri Kimchi selalu terbayang-bayang di kepala. Sambil menunggu belajar ke negeri aslinya, saya bisa mengenal lebih dahulu budaya negeri K-Pop ini di negera tercinta. Indonesia. Ya, selagi bisa dijangkau dompet dan badan (baca: gak jauh dari tempat tinggal). Jadi, hari Sabtu lalu saya bersama dua orang sahabat saya (juga Korea Addict) berangkat dari kosan menuju Korea Cultural Center Indonesia (KCCI). Soalnya disana lagi ada event Hanbok New Experience dengan teknologi green-screen (chroma key). Itu loh yang bisa pilih background lewat komputer. Nah berita bagusnya, disana kami berksempatan untuk memakai pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok sec

Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi

Special Class: Chuseok Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi Annyeonghaseyo …. *membungkukkan badan :) Sebelumnya saya pernah curhat  menceritakan impian pada postingan: Merayakan Usia Baru: Menciptakan Impian.  Tentu traveling ke Negeri Kimichi juga menjadi impian beberapa orang, bukan? Negeri yang memiliki keindahan alam dan keunikan budaya. Salah satu kebudayaan Korea yang terkenal adalah Kaligrafi . Nah, kebetulan 25 September lalu saya mengikuti special class (kelas kaligrafi Korea) dalam memperingati Chuseok di Korean Cultural Center . Dan ceritanya telah saya tuliskan di postingan ini.

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan - Assalamu’alaikum. Hello semuanya. Cerita di blog post kali ini adalah kisah perjalanan Bee dalam rangka menemani para pemenang Lomba Blog Cheria Halal Holiday yaitu Khairul Leon, mas Ali dan Mba Septi. Selain itu ada juga mba Evrina. Sayangnya Mba Desi Namora dan Ahmad Niam berhalangan ikut.