Langsung ke konten utama

TRADISI MAKAN SAPRAHAN: Keindahan Budaya di Kabupaten Sambas


TRADISI MAKAN SAPRAHAN: Keindahan Budaya di Kabupaten Sambas


Assalamualaikum. Hello semuanya.

Kalian mungkin sudah sering dengar dan baca bahwa Indonesia memiliki 17.504 pulau dan 1.340 suku. Kekayaan alam dan budaya negeri pertiwi inilah yang menjadikan Indonesia dikenal dunia, memiliki banyak potongan ‘surga’ yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Panorama alam Indonesia yang menawan juga indah menjadi salah satu alasan banyaknya traveller mancanegara berbondong-bondong terbang ke Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia, termasuk saya, mengukir mimpi dapat mengelilingi berbagai daerah di negeri tercinta.

Sambas


Daerah paling utara dari wilayah Provinsi Kalimantan Barat dan memiliki luas daerah 6.395,70 km2.

Peta dari Pontianak menuju Sambas
Namun di blog post kali ini Bee tidak ingin ‘meracuni’ kalian dengan pesona alamnya di sana. Melainkan sesuatu yang tak hanya bisa dilihat tapi juga dirasa. Karena berbicara tentang keindahan Indonesia bukan hanya tentang birunya laut, tingginya gunung ataupun objek wisata lainnya yang menawan.

Masih ada keberagaman tradisi budaya yang menjadikan Indonesia menarik untuk dieksplorasi. Dimana ‘surga’ Indonesia tak hanya dapat kamu jumpai di pinggir pantai ataupun di atas awan. Melainkan juga di sudut pedesaan atau pekampungan.

Salah satu dari tradisi budaya Indonesia yang ingin Bee kenalkan adalah Tradisi Makan Saprahan di Kabupaten Sambas. Tradisi ini tak hanya sekedar berkumpul dan makan bersama loh. Ada nilai-nilai budaya dan filosofi yang menarik untuk ditelusuri. Namun karena masih sedikitnya yang mengenal tradisi ini, maka Bee sangat bersemangat untuk menceritakannya disini.

Tradisi Makan Saprahan di Kabupaten Sambas


Tradisi Makan Saprahan ini biasanya dilaksanakan pada bulan Sya’ban menjelang Ramadhan, acara syukuran, acara pernikahan dan lainnya. Tradisi adat Melayu ini pun sudah tidak asing lagi bagi masyarakat berbudaya Melayu mulai dari Sambas, Mempawah dan Pontianak. 
Kalau sahabat traveller sendiri, apakah sebelumnya sudah pernah mendengar tradisi ini?

Berbeda dengan makan prasmanan yang biasanya kita jumpai. Tradisi makan Saprahan ini menjunjung tinggi semangat kekeluargaan atau gotong royong juga keramah-tamahan. Mulai dari proses persiapan hingga selesai acara, semua dilakukan secara tolong-menolong antar warga.

Sedangkan ketika Tradisi Makan Saprahan dimulai semua warga akan berkumpul dan membuat lingkaran kecil yang mengelilingi baki besar berbentuk bulat berisi lauk-pauk. Tanpa memandang latar belakang, umur dan status sosial, semuanya duduk bersama di lantai untuk makan.

Dalam satu lingkaran diisi oleh 6 orang dan disajikan 5 menu makanan, kuliner khas Melayu. Biasanya ada ayam masak kecap, ayam masak puteh (opor), sayur pacri nanas, acar telur dan sambal kacang merah. Sedangkan minumannya ialah air serbat. Tapi berkembangnya zaman, sekarang sudah banyak yang memilih praktis yaitu menggantinya dengan air kemasan gelas.

Tradisi Makan Saprahan ini menggunakan tangan alias nggak pake sendok, garpu apalagi pisau makan, hehe. Sedangkan untuk mengambil lauk-pauk ada disediakan sendok. Tapi berdasarkan pengalaman Bee nih ya, kalau ambil lauk seperti ayam, biasanya kami mengambil menggunakan tangan langsung. 

Pernah nih sewaktu kecil dan ikut makan Saprahan, tanpa basa-basi Bee langsung ambil sepiring ayam kecap dari sajian. Padahal seharusnya ambil sedikit-sedikit alias dicubit-cubit, hehe. Jadi perlu diingat ya sahabat traveller, lauk-pauk yang disajikan bukan untuk satu orang melainkan enam orang.

Bee dan keluarga lagi makan saprahan
Saprahan Acara Sya'ban di rumah Pak Long (paman) Sambas

Etika Besurrung dan Tugas Pesurrung


Tak hanya proses makan, proses penyajian Tradisi Makan Saprahan pun memiliki etika. Dalam proses penyajian atau lebih dikenal masyarakat dengan nama besurrung, dilakukan oleh 5 orang.

Orang yang pertama membawa air cuci tangan berserta lap tangan, lalu disusul orang kedua membawa nasi. Kemudian orang ketiga bertugas membawa baki lauk-pauk. Sedangkan orang keempat membawa piring. Terakhir membawa baki kecil berisi gelas dan air minum.

Bee sendiri yang tinggal dan besar di Kota Pontianak, punya pengalaman tiba-tiba disuruh untuk terlibat sebagai pesurrung  (orang yang melakukan besurrung) sewaktu ada acara Sya’ban di Sambas.

‘Doeng’ beberapa detik, bengong menatap piring kosong dan lauk-pauk. Sebab saat itu Bee nggak tau aturannya dan mengira sama saja dengan menyajikan makanan pada umumnya. Bee ambil saja baki berisi minuman dan meletakkannya di kelompok Saprahan yang masih kosong belum ada baki lauk-pauknya. Jelas Mama yang melihat tersebut langsung menegur. Untung saja bibi-bibi saya harap maklum *ngelus dada.

Baki lauk-pauk siap diantar
Ah, ayam masak puteh nya menggoda~

Nilai-nilai Budaya dan Filosofi Tradisi Makan Saprahan


Tradisi adat melayu Sambas ini memang sangat identik dengan agama Islam, sehingga angka 6 pada jumlah orang di setiap kelompok Saprahan melambangkan Rukun Iman. Sedangkan angka 5 pada jumlah lauk-pauk yang disajikan bermakna Rukun Islam.

Dari Tradisi Makan Saprahan inilah kita bisa melihat budaya Indonesia yang sejak dari dulu tertanam, yaitu budaya gotong-royong. Semua orang berkerjasama dengan penuh rasa kekeluargaan. Mulai dari proses memasak, menghidangkan hingga mencuci.

Selain itu tanpa membandingkan status sosial, agama, suku juga umur, semuanya duduk bersama di lantai, menikmati sajian makanan yang sama. Saling berbagi cerita, melempar senyuman, menjalin keakraban dalam kesederhanaan. Suatu pemandangan yang tentu begitu indah dan damai, bukan?

Cekrek dulu bagian dapur yang masak
Tertarik berkunjung ke Sambas dan merasakan langsung Tradisi Makan Saprahan?

Datanglah kemari. Maka Bee dengan senang hati akan ajak kamu ke kondangan. Kok kondangan? Ya karena Tradisi Makan Saprahan biasanya sering ada di acara pernikahan. Selain itu orang nikahan setiap bulan pasti ada kan ya?! Hehe.

Akses munuju Sambas sangatlah mudah. Jalannya sudah aspal mulus. Jika kamu dari luar daerah Kalimantan Barat, bisa menggunakan pesawat menuju Bandara Supadio Pontianak. Lalu dilanjutkan dengan perjalanan darat menggunakan rental mobil ataupun bus Damri. 

Perjalanan dari Kota Pontianak ke Sambas memakan waktu yang lumayan lama, yaitu kurang lebih sekitar 5 jam. Tak perlu khwatir untuk urusan penginapan, di Kota Sambas terdapat beberapa penginapan yang bisa kamu datangi juga pesan.

Siapa yang sangka ‘Surga’ tersembunyi Indonesia juga bisa ditemui dari sebuah baki besar berbentuk bulat, yang menghidapkan sajian makanan rasa kekeluargaan dan dinikmati bersama dengan kesederhanaan.

Kini saya kira kita semua setuju bahwa Tradisi Makan Saprahan merupakan salah satu potongan ‘surga’ tersembunyi di Indonesia. Warisan budaya leluhur yang semestisnya perlu dilestarikan juga dijaga. Sebab jika Tradisi Makan Saprahan terlupakan, maka semangat budaya gotong-royong pun perlahan akan menghilang

Semoga tulisan TRADISI MAKAN SAPRAHAN: Keindahan Budaya di Kabupaten Sambas bermanfaat dan menambah wawasan kamu terkait kekayaan budaya di Indonesia. Terus bersyukur dan tebar kebaikan. Salam.

Komentar

  1. Aamiin aamiin, smoga Indonesia smakin menjaga budaya dan berbudaya ke depannya.aamiin

    BalasHapus
  2. Dimana-mana ada yaa tradisi makan bersama. Saprahan seru juga yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, kayakanya tradisi budaya ini punya banyak nama

      Hapus
  3. "Datanglah kemari. Maka Bee dengan senang hati akan ajak kamu ke kondangan. Kok kondangan?" Waaah bener ya Mbak Bee? heheh

    BalasHapus
  4. Perlu dilestarikan karna budaya yang baik mengandung unggah ungguh yang baik pula. tidak sembarangan makan, layaknya table miner gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener. pelestarian budaya memang perlu ditingkatkan ya

      Hapus
  5. Balasan
    1. kalau dihidangkan makanan saprahan, semua orang lahap makannya :D

      Hapus
  6. Indonesia kaya sekali akan budaya dan tradisi ya, setiap daerah punya tradisinya sendiri-sendiri.
    Apalagi tradisi makan bersama-sama, nikmat banget ini 👍.

    BalasHapus
  7. Gayeng bangeet makan bareng, masakannya terasa makin lezaaat...

    BalasHapus
  8. Wah asik banget ni hampir mirip dengan tradisi makan bajamba di sawahlunto. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. benarkah? jadi penasaran bagaimana tradisi makan bajamba di sawahlunto

      Hapus
  9. Aamiin ya Allah semoga bisa berkunjung kesana ka Bee ^^ Duh mau banget nyoba tradisinya tapi harus ada yang nikah dlu ya.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak mesti nikah dulu sih. acara syukuran biasanya juga ada. tapi emang kebanyakan di acara nikahan hehe

      Hapus
  10. Waaah keren nih, Indonesia memang ga ada abis-abisnya yaaa kalo masalah budaya

    BalasHapus
  11. Masih banyak tradisi yang belum kita ketahui di tiap sudut Indonesia. Kalau di tempatku, makan seperti ini mirip sedekah bumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. daerah mas nasirullah sitam dimana? ternyata tradisi ini ada dimana-mana ya :)

      Hapus
  12. Kalau di Aceh namanya bu kulah, yang disajikan dalam sange alias talam yang ada tutupnya.
    Budaya melayu memang g jauh2 beda ya kak

    BalasHapus
  13. kalau di palembang barangkali istilahnya, ngindang bisa juga munggahan. biasanya ya makan besar dengan cara lesehan gini nikmatnya dobel.

    BalasHapus
  14. wew.. keren kak oka.. mau k kalimantan belom2 sampe neh

    BalasHapus
  15. Mirip sama makan bedulang yg aada di Belitung ya

    BalasHapus
  16. Asyiknya di Sambas masih melestarikan tradisi makan bersama ini. Jadi inget kalau mudik ke Bukittingi, ada tradisi makan serupa. Tanah Melayu memang punya kemiripan tradisi ya.

    BalasHapus
  17. Selalu suka dengan budaya Indonesia, dari Sabang sampai Merauke banyak kebudayaan yang luar biasa. Saprahan ini mirip liliwetan gitu ya. Kalau liliwetan banyak orang.

    BalasHapus
  18. O ini namanya saprahan ..
    kalo di belitung namanya Bedulang.
    Tapi kalo di kosanku namanya sonaman.

    BalasHapus
  19. Thanks for sharing, sukses terus..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur Pernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan? Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl . Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus . Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk . Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan. Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur , dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.

Satu Hari Explore Korea di Jakarta

Satu Hari Explore Korea di Jakarta -  Annyeong haseyo.  Welcome back to my blog. Untuk pendahuluan, saya ingin menjelaskan bahwa saya termasuk pencinta Korea. Tapi lebih ke tourism dan budaya. Mengenal dan belajar langsung budaya Korea di negaranya menjadi salah satu impian terbesar. Merasakan pengalaman empat musim di Negeri Kimchi selalu terbayang-bayang di kepala. Sambil menunggu belajar ke negeri aslinya, saya bisa mengenal lebih dahulu budaya negeri K-Pop ini di negera tercinta. Indonesia. Ya, selagi bisa dijangkau dompet dan badan (baca: gak jauh dari tempat tinggal). Jadi, hari Sabtu lalu saya bersama dua orang sahabat saya (juga Korea Addict) berangkat dari kosan menuju Korea Cultural Center Indonesia (KCCI). Soalnya disana lagi ada event Hanbok New Experience dengan teknologi green-screen (chroma key). Itu loh yang bisa pilih background lewat komputer. Nah berita bagusnya, disana kami berksempatan untuk memakai pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok sec

Wisata Sejarah Keraton Sambas AlwatzikHoebbillah

Wisata Sejarah Keraton Sambas AlwatzikHoebbillah -  Assalamualaikum. Hello semuanya. Blog post kali ini adalah cerita perjalanan Bee di Sambas. Bisa dibilang sekalian wisata sejarah di tanah kelahiran orang tua. Mungkin sebagian dari kalian merasa asing dengan daerah bernama Sambas ini. Well, before I tell about my story, I’ll tell a little bit about Sambas first .