Langsung ke konten utama

Satu Hari Explore Korea di Jakarta

Korea

Satu Hari Explore Korea di JakartaAnnyeong haseyo. Welcome back to my blog.
Untuk pendahuluan, saya ingin menjelaskan bahwa saya termasuk pencinta Korea. Tapi lebih ke tourism dan budaya. Mengenal dan belajar langsung budaya Korea di negaranya menjadi salah satu impian terbesar. Merasakan pengalaman empat musim di Negeri Kimchi selalu terbayang-bayang di kepala.

Sambil menunggu belajar ke negeri aslinya, saya bisa mengenal lebih dahulu budaya negeri K-Pop ini di negera tercinta. Indonesia. Ya, selagi bisa dijangkau dompet dan badan (baca: gak jauh dari tempat tinggal).

Jadi, hari Sabtu lalu saya bersama dua orang sahabat saya (juga Korea Addict) berangkat dari kosan menuju Korea Cultural Center Indonesia (KCCI). Soalnya disana lagi ada event Hanbok New Experience dengan teknologi green-screen (chroma key). Itu loh yang bisa pilih background lewat komputer. Nah berita bagusnya, disana kami berksempatan untuk memakai pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok secara free alias gratiiiiiiiiis, hohohohoho.
Sebelumnya saya pernah ikut Hanbok Experience tahun lalu dan belajar kaligrafi Korea. Cerita belajar kaligrafi Korea sudah pernah saya posting di blog kok.


Sesampai di Equity Tower, teng jam 11 siang. Pas banget dengan jadwal pengambilan nomor urut Hanbok New Experience. Ternyata di KCCI sudah ramai dengan Korea lovers. Kami yang datangnya on time aja dapat urutan ke-60an. Tapi nggak apalah. Syukruri aja deh ya. Yang penting tetap kebagian memakai Hanbok.

Permainan Tradisional Korea

Karena acara Hanbok New Experience dimulai jam 13.00. Maka sambil membunuh waktu yang masih dua jam, kami memilih explore permainan khas Korea yang sudah disediain tim panitia. Ada permainan Baduk, Tuho, Lompat Tali, tang ta meok gi (kalau di Indonesia, seperti engklek), terus ada Gonggi (hampir sama seperti main bola bekel di Indonesia) dan masih banyak lagi.


Baduk Permainan Tradisional Korea
Lihat Baduk, ingat si Taek di Film Replay 1988 XD
Tuho - Permainan Tradisional Korea
Adik-adik bermain Tuho. Mereka jago banget mainnya. Kalah saya :( 
Yang saya cobain adalah permainan bernama Tuho. Permainan tradisional Korea ini cukup susah buat saya. Soalnya harus melemparkan anak panah atau tongkat yang panjang ke dalam sebuah tempayan atau lobang dari jarak jauh. Dari lima anak panah dan dua ronde, saya cuma berhasil masukin satu anak panah, hiks. Selain itu juga banyak gambar-gambar permainan tradisional Korea yang digantung di dinding. Ada gambar permainan Ganggangsullae, Ddangdamuckki Nori dan banyak lagi.

By the way disana saya bertemu Ce Julia. Kaka kelas saat SMK di Pontianak. Padahal kami saling nggak punya nomor kontak. Terkahir ketemu ketika perpisahan. Gak disangka-disangka ketemu lagi di KCCI. Aaa, senangnya. Long time no see, Ce.

Ok, back to story ya. Sesuai jadwal acara pun dimulai jam satu siang dengan diawali penjelasan mengenai Hanbok dan aturan selama acara berlangsung. Karena yang mengantri sampai urutan ratusan, jadi setelah foto menggunakan hanbok di green-screen, kita diberi kesempatan foto sebentar dengan kamera pribadi gak sampai lima menit. Ya, saya harap maklum juga sih. Namanya juga gratis dan banyak yang ngantri lagi.


Hanbok 'New' Experience
Suasana di KCCI menunggu antrian Hanbok. Yang ngatri di luar masih banyak. Ehem, coba cari saya dimana, hehehe XD | Credit to: Facebook Korea Cultural Center Indonesia

Hanbok

Penjelasan terkait Hanbok disampaikan oleh tim panitia dari KCCI. Hanbok yang saya dan teman-teman pakai disana ada dua yaitu rok juga atasannya. Sebenarnya ada satu lagi yang menjadi lapisan dalamnya. Tapi nggak dipakai karena baju yang kami kenakan sudah bisa menjadi dalaman Hanbok. Ehem, ngerti kan ya maksudnya? Hehehehehe :D

Jadi dua bagian Hanbok yang kami pakai ini ternyata punya nama. Atasan Hanbok namanya Jeogori artinya baju. Seperti yang kamu bisa lihat bentuk Jeogori ini seperti rompi lengan panjang, sebatas dada dan memiliki tali. Selanjutnya ada rok yang dalam bahasa Korea adalah Chima. Nah, tali Hanbok yang di Jeogori juga punya nama yaitu Otgoreum. Mengikat tali atau Otgoreum pun ada aturannya. Tali depan dan belakang boleh sama panjang, tapi tali depan nggak boleh lebih panjang dari tali belakang. 


Hanbok 'New' Experience
Ini loh maskudnya grren-screen

Tara….
Ini dia saya dengan Hanbok kombinasi biru dan pink. I love this Hanbok.

Pakai Hanbok Gratis
Foto langsung dicetak dan dimasukin ke frame saat di acara itu juga :D
Sebenarnya ada lima pilihan background. Saya pilih background cherry blossom karena saat ini sedang spring. Belum kesampaian nikmati musim semi Korea, jadi foto pake chroma key technology dulu lah ya.


Korea Festival

Setelah selesai foto-foto pakai Hanbok di KCCI. Kami bertiga bersama Ce Julia melanjutkan perjalanan ke Lotte Shopping Avenue. Mumpung lagi di luar, jadi sekalian aja ke event besar disana yaitu Korea Festival. Yeeeeee…. Pokoknya seharian explore Korea.


Acara pakai Hanbok gratis di Jakarta
Say kimchi :)
Ketika tiba disana ternyata sedang berlangsung lomba dance cover. Kegiatan Korea Festival cukup banyak ada penampilan Painters Hero dan Sachoom, Taekwondo Performance, Lomba Dance Cover, Lomba Ice Carving dan masih banyak lagi.

Mau tanya-tanya seputar wisata di Korea juga bisa. Soalnya ada booth Korea Toruism dan Jeju. Selain itu juga bisa foto-foto mengenakan Hanbok secara gratis. Tapi sayang antriannya super panjang. Jadi kami berempat cukup liat orang-orang pakai Hanbok aja. Lagi pula di KCCI juga udah foto. 


Korea Festival 2016
Suasana Korea Festival
Di dekat booth Hanbok, saya dan Ce Julia ketemu Pororo dan Epe. Dua tokoh kartun Korea yang sangat terkenal. Ntah kenapa kalau liat Pororo ingatnya ke Haha. Itu loh salah satu member Running Man. Terus kalau liat Epe, saya malah teringat Daeul yaitu pemain di The Return of Superman (acara variety show Korea juga).


Kartun Korea
With Epe, Daeul's best friend :D
Oke sekian dulu blog post jalan-jalan sehari ke Korea di Jakarta. Semoga cerita saya kali ini bermanfaat dan menambah informasi kamu seputar Korea. I always imagine my Korea. Hope I will be there soon. See you on my next blog post. Bye. 


Korea Festival in Indonesia

Komentar

  1. Lotte Shopping Avenue termasuk yang rutin mengadakan Kore Festival. Tapi, saya gagak melulu mau lihat yang Taekwondo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun depan korea festival ada taekwondonya ya mbak? Siapa nih yg suka taekwondo?

      Hapus
  2. Balasan
    1. KCCI sering ngadain pake hanbok gratis mbak. Sering-sering aja kepoin fanspagenya. Heehe

      Hapus
  3. Waaah seru banget acaranya Maaaak. Itu temennya pororo namanya petty/pretty mak kalo gak salaaah. Hihihiii. Hanbooknya juga cakep yaaa, Nggak ada kapten Yoo mak disana? Weheheheheee Makasi infonya ya Maaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapten yoo lagi bertugas mbak. Jadi gak ada. Hehehe. Iya sama-sama :)

      Hapus
  4. Seruu banget acaranya nyesel ngak dateng uhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acara yg mana nih mbak? Korea festival? Berarti next event kudu datang mbak. Hehe.

      Hapus
  5. Seruuuu... Saya pengin nyoba makai hanbook juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai hanbok berasa jadi putri, mbak. Hehehe. Sering-sering aja kepoin KCCI. Mereka suka ngadain pakai hanbok gratis

      Hapus
  6. Hmmm keren ya pengen nih datang langsung kesana.

    BalasHapus
  7. Duh foto hanbooknya bikin ngiler :( kapan nih di SUrabaya ada hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga di surabaya segera menyusul acara kayak gini ya mbak

      Hapus
  8. Baca judulnya buru-buru & kirain beneran di Korea hehehe :D

    BalasHapus
  9. waaah asyiiiik itu pasti kaaak. Di Pku blum ada yg kaya gini. Pengen pakai hanbook :G

    BalasHapus
    Balasan
    1. muthi bukan tinggal di jakarta ya? Semoga disana juga ada event pakai hanbok ya. i know how it feels :)

      Hapus
  10. Okaaaa aku mauuuu. Sayang pas aku lagi tepar jadi gak bisa ikutan hiksss

    BalasHapus
  11. Huwaaaaa....bikin mupeng banget siih mbak. Pengen ngrasain pake hanbok juga akunya.
    Tapi acarae jauh iks :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya acaranya sering di jakarta doang. Semoga acara selanjutnya juga ada di kota-kota lainnya

      Hapus
  12. something pop up in my mind anyway, and i'm just curious what are those stories you had post in your blog.. and when i opened your site,, tarraaa,,, u wrote up a story about Korea Festival.. and Hii... i think i will make a blog too,, it's just interesting,, share what we did and think.. two thumbs up dearr :) keep going yaa..

    Happy Kartini's Day ^_^"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yipppi. It's nice to know that you will make a blog too. I waiting for you first post on your blog dear. Anyway thank you for the visited.

      Happy kartini's day too *eh udh lewat ya* hhe.

      Hapus
  13. Jadi pingin ke Korea beneraaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes. Berhasil buat mbak anisa pengen ke korea juga. Hihihi

      Hapus
  14. Wah senengnya punya kesempatan pake hanbok gratisnya. Salam kenal yak...saya juga Korea addicted sih...cuma agak coret. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak levina. Mbak juga suka korea. Aye Toss yok *tos*. Btw agak coret maksudnya gimana ya? Hhe

      Hapus
  15. Wuah seru, bisa pake hanbok dan foto dengan background cherry blossom, serasa di Korea sungguhan jadinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep. Foto pake backgroundnya aja senang banget. Apalagi aslinya ya? Hhe.

      Hapus
  16. Waah...acaranya seru! Berasa benar-benar di Korea..hi..hi.. Permainan khas Korea juga seru-seru, ya. Terus, waktu di foto menggunakan hanbok dengan latar belakang Bunga Sakuranya juga kereen. Jadi pengen ke Korea hi..hi..hi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak. Aku jadi semakin pengen ke korea beneran habis ikut acara itu. Huaaaa korea korea

      Hapus
  17. wahh, serunya :)
    saya pengen banget bisa pake hanbook, semoga suatu saat nanti bisa kesampaian pake hanbooknya, amin..

    BalasHapus
  18. harusnya eksplore di korea langsung... bakalan lebih mantap.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maunya sih gitu gan. Doain ya gan semoga tahun ini bisa kesana.

      Hapus
  19. Jadi ingat perjalanan ke Korea yang udah dulu banget. Waktu saya ke sana, belum ada Hallyu seperti sekarang. Winter Sonata pun belum lahir, penasaran 'kan kapan itu? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh... itu kapan kesananya mbak??? Jadi penasaran akunya XD

      Hapus
  20. waaah, suka acaranyaaa. kalau ada lagi ajak2 yaaaa

    BalasHapus
  21. Keren banget ada acara beginian kaaakk..
    Seru ya, ada lagi gak ya taun ini?
    "Lihat Baduk, ingat si Taek di Film Replay 1988" Love Taek!!!

    Salam kenal dan thank you lho udah berkunjung ke blor ria :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. aku juga. kalau lihat baduk ingat si Taek :D.

      salam kenal juga. Thank you udah kunjung balik, ria.

      Hapus

  22. I've been browsing online greater than 3 hours today, but I by no means found any attention-grabbing article like yours. It's beautiful price sufficient for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made good content as you probably did, the internet will likely be much more helpful than ever before. craigslist omaha

    BalasHapus
  23. Helpful information. Lucky me I discovered your web site by accident,
    and I am stunned why this twist of fate didn't happened in advance!
    I bookmarked it.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi

Special Class: Chuseok Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi Annyeonghaseyo …. *membungkukkan badan :) Sebelumnya saya pernah curhat  menceritakan impian pada postingan: Merayakan Usia Baru: Menciptakan Impian.  Tentu traveling ke Negeri Kimichi juga menjadi impian beberapa orang, bukan? Negeri yang memiliki keindahan alam dan keunikan budaya. Salah satu kebudayaan Korea yang terkenal adalah Kaligrafi . Nah, kebetulan 25 September lalu saya mengikuti special class (kelas kaligrafi Korea) dalam memperingati Chuseok di Korean Cultural Center . Dan ceritanya telah saya tuliskan di postingan ini.

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan - Assalamu’alaikum. Hello semuanya. Cerita di blog post kali ini adalah kisah perjalanan Bee dalam rangka menemani para pemenang Lomba Blog Cheria Halal Holiday yaitu Khairul Leon, mas Ali dan Mba Septi. Selain itu ada juga mba Evrina. Sayangnya Mba Desi Namora dan Ahmad Niam berhalangan ikut.