Skip to main content

Berburu Jajanan Favorit Thailand yang Bikin Ngiler

Assalamualaikum. Hallo semuanya! Sawadikap! Selamat datang di Thailand! Begitu sapaan khas penduduk setempat sambil menangkupkan tangan di dada. Ucapan ini akan terus terdengar sepanjang hari dan menjadi daya tarik tersendiri buat yang menyukai keramahan penduduk di destinasi liburan. Mau masuk hotel, mencari kendaraan sampai ketika membeli jajanan, pasti ada saja yang mengucapkan Sawadikap di sepanjang jalan. Bicara tentang jajanan Thailand, tidak ada yang tidak bikin ngiler! Beberapa jenis jajanan bahkan difavoritkan traveler-traveler yang pernah berkunjung ke Thailand dengan naik maskapai Jetstar. Apa saja?

Pad Thai yang Bikin Kenyang

Sumber: instagram.com @Jayitsaya
Kalau kamu pernah mencoba kwetiau goreng, Pad Thai ini mirip banget sama jenis makanan itu. Pad Thai Thailand biasanya dimasak lengkap dengan telur, tauge, udang, sayur, dengan taburan cincangan kacang goreng dan perasan air jeruk nipis. Lengkap dan mengenyangkan! Ingat, pesannya jangan 2 porsi Pad Thai, karena kamu harus mencoba jajanan lain yang ada di Thailand.

Segarnya Mango Sticky Rice

Sumber: mooimom.id
Nyaris di setiap sudut kuliner Thailand, menu Mango Sticky Rice menjadi andalan. Sudah bisa membayangkan seperti apa? Yup, ini merupakan masakan ketan bersantan yang gurih dan legit dimakan bersama mangga yang kuning segar. Meskipun termasuk makanan penutup, Mango Sticky Rice nggak harus dimakan setelah yang kenyang-kenyang kok.


Tom Yam!

Bisa jadi jajanan bisa juga jadi makanan utama, Tom Yam memang tidak boleh dilewatkan ketika jalan-jalan ke Thailand. Hidangan berupa sup seafood ini disajikan dengan kuah asam pedas yang lezat. Perpaduan daun serai, daun jeruk, laos, cabai dan bumbu rahasia lainnya, sangat pas dimakan bersama nasi hangat.

Sumber: panlansangpinoyrecipes.com
Tom Yam memang wajib dicoba bagi yang tidak menderita alergi makanan laut. Ya karena isinya tidak jauh dari pilihan cumi, udang, ikan, dan kerang. Kalau kamu sudah mencoba Tom Yam  langsung di Thailand, bisa jadi Tom Yam yang dibawa ke Indonesia tidak ada apa-apanya.

Som Tam alias Salad Pepaya

Sumber: wikimedia.org

Jajanan ini sederhana, pepaya serut dicampur dengan bawang putih, cabai, tomat, dan kacang panjang, ditaburi saus ikan dan bumbu kacang. Terlihat biasa tapi rasanya luar biasa! Som Tam bisa juga disajikan dengan tambahan seafood untuk menambah kelezatannya. Rasa segar jajanan ini bakal bikin kamu ketagihan!

Cha Yen

Sumber: instagram.com @wannaooi66
Untuk mengatasi cuaca yang panas di Thailand, kamu disarankan untuk minum banyak cairan. Jangan cuma air putih saja, pesan dong Cha Yen atau Thai tea yang terbuat dari teh riyam yang dicampur dengan adas, biji asam dan susu. Cha Yen juga bisa menjadi minuman pendamping yang tepat ketika kamu mencicipi Pad Thai, Mango Sticky Rice, Tom Yam, juga Som Tam. Booth minuman ini bisa kamu temukan dengan mudah di pusat kuliner Thailand.

Kalau kamu sedang merencanakan traveling ke Thailand, mana jajanan yang bakal dicoba pertama kali dari pilihan diatas? Terus bersyukur dan tebar kebaikan. Salam. 

Comments

  1. Ya Allah... Bile ke bise ke Thailand gratis nih. Aminnn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu lah. Kalau dikasi gratis ke Thailand, saye pun mau :D Semoge ade rezekinye ye bang dwi, aamiin

      Delete
  2. Hmm.. Kari hijau, aku lupa nama Thailandnya apa. Katanya itu kari yang paling pedas yang ada di Thailand. Yuk ke Thailand :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kari hijau? Waaa, bisa kebayang pedas, pedas nikmat makanannya.
      Yuk mba

      Delete
  3. Penasaran sama Pad Thai deh kayaknya enak. Btw kalo mau cari makanan halal di Thailand itu di daerah mana sih kak banyaknya>

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau juga deh mba kalau tempat makanan halal di Thailand. Maaf ya gak bisa bantu jawab.

      Delete
  4. Tom yam makanan kesukaan aku tapi aku baru tau kalo tom yam salah satu masakan thailand :D. Taunya aku makan itu enak aja sih..

    Yang Mango Sticky Rice kayanya seger banget deh, suami ku pernah icip tapi katanya biasa aja dan kurang kenyang =___=a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirain kurang enak, ternyata kurang kenyang, haha.

      Sama, aku juga suka tom yam *tos*

      Delete
  5. Replies
    1. Berarti mesti langsung nyobain kuliner thailand di negerinya langsung tuh mba :)

      Delete
  6. Saya mau Cha Yen-nya dong, baca disiang hari gini panas, butuh yang adem2....

    ReplyDelete
  7. Lidah saya belum juga cocok dengan mango sticky rice. Tapi, kalau Tom Yam suka banget :)

    ReplyDelete
  8. Saya sering nyobain yang Tom Yam, seger pedes dan hangat, mantap sangat. kalo yang lainnya belum pernah nyicipin. Tapi itu yang mango sticky rice agak aneh, ketan dikasih mangga, hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu Telur

Sayuran Khas Indonesia: Enaknya Tebu TelurPernahkah anda  mencicipi sayur Bunga Tebu? Bagaimana rasanya? Enak bukan? Atau jangan-jangan belum pernah mencobanya? Atau tidak tau bahwa tanaman yang mirip tebu ini memiliki bunga yang dapat dimakan?
Bunga Tebu atau biasa disebut Tebu Telur adalah termasuk jenis sayur-sayuran. Dalam bahasa latin namanya adalah Saccharum edule Hasskarl. Kalau di Jawa, Tebu Telur bernama Tiwu Endog atau Terubus. Sedangkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal dengan Tebu Endog atau Tebu Terubuk. Alasan kenapa bunga tebu ini disebut Tebu Telur karena teksturnya mirip dengan telur ikan.
Awalnya ketika Mama menawarkan Tebu Telur, dibayangan saya bentuknya bulat-bulat putih, lembek seperti ulat. Saya diam saja ketika tau Mama berhasil memborong banyak Tebu Telur di pasar Sanggau untuk dibawa pulang ke Pontianak sebagai menu masakan di rumah dan oleh-oleh ke tetangga.

4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI

Selama liburan, banyak yang bertanya-tanya ke saya, "kuliah di kampus mana?" Saya jawab, “STEI SEBI di Depok.” Tapi rasa ingin tau mereka biasanya tidak cukup sampai disitu. Pertanyaan-pertanyaan seperti, “Depoknya dimana? Itu kampus apa? Ada berapa fakultas? Semester berapa? Jurusan apa? Kenapa kuliah disana?” Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan terkait kampus tercinta saya. Tapi tidak saya pungkiri banyak yang ujung-ujungnya malah menjurus pada pertanyaan, “Kapan nikahnya?” atau “Cowoknya siapa?” *tepok jidat*.
Baiklah kali ini saya bukan mau curhat karena ditodong seputar pertanyaan “mana cowoknya?”. Tapi saya ingin bercerita seputar kampus saya. Alasanya sih simpel, agar semua orang kenal kampus STEI SEBI Depok.
Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI Depok. Terletak di Jalan Raya Bojongsari, Gang Mungkin Bojongsari Depok. Terdapat dua jurusan, yaitu Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah.
Berikut 4 Hal Kenapa Lebih Baik Kuliah di STEI SEBI. Sebenarnya banyak sih, bukan …

Sebelum Membagikan Pesan Informasi di Media Sosial, Cek Dulu Lima Tips Anti Hoax Ini

Assalamualaikum. Hallo Semuanya?
Kamu pernah nonton iklan dari Thailand yang bercerita tentang seorang bos pemilik pasar yang videonya viral di dunia maya?
Di video viral tersebut, si bos terlihat sangat sombong dan pelit. Ternyata eh ternyata, video itu bukanlah kenyataannya. Setelah menonton video itu Bee jadi tersadar, ternyata tidak semua video, tulisan, ataupun foto merupakan sebuah fakta. Karena bisa jadi apa yang kita lihat dan tonton dari balik layar gadget tidak selalu lengkap atau benar.

Berita ataupun konten yang salah atau tidak sesuai kebenaran lebih sering kita kenal dengan sebuatan HOAX. Benar gak?
Saat ini Bee rasa sudah semakin banyak orang yang mulai menyaring setiap konten baik tulisan ataupun video sebelum jempol mengklik “Share”. Bahkan terkadang Mama ataupun orang–orang di sekitar Bee bertanya, “Eh, berita ini benar nggak ya?”, “Emang iya ya berita ini?”.
Nah tapi sebagian dari kita juga masih suka bingung dan bertanya–tanya dengan diri sendiri seperti, sebenarnya i…