Langsung ke konten utama

Berburu Jajanan Favorit Thailand yang Bikin Ngiler

Assalamualaikum. Hallo semuanya! Sawadikap! Selamat datang di Thailand!

Begitu sapaan khas penduduk setempat sambil menangkupkan tangan di dada. Ucapan ini akan terus terdengar sepanjang hari dan menjadi daya tarik tersendiri buat yang menyukai keramahan penduduk di destinasi liburan. Mau masuk hotel, mencari kendaraan sampai ketika membeli jajanan, pasti ada saja yang mengucapkan Sawadikap di sepanjang jalan. Bicara tentang jajanan Thailand, tidak ada yang tidak bikin ngiler! Beberapa jenis jajanan bahkan difavoritkan traveler-traveler yang pernah berkunjung ke Thailand dengan naik maskapai Jetstar. Apa saja?

Pad Thai yang Bikin Kenyang

Sumber: instagram.com @Jayitsaya
Kalau kamu pernah mencoba kwetiau goreng, Pad Thai ini mirip banget sama jenis makanan itu. Pad Thai Thailand biasanya dimasak lengkap dengan telur, tauge, udang, sayur, dengan taburan cincangan kacang goreng dan perasan air jeruk nipis. Lengkap dan mengenyangkan! Ingat, pesannya jangan 2 porsi Pad Thai, karena kamu harus mencoba jajanan lain yang ada di Thailand.

Segarnya Mango Sticky Rice

Sumber: mooimom.id
Nyaris di setiap sudut kuliner Thailand, menu Mango Sticky Rice menjadi andalan. Sudah bisa membayangkan seperti apa? Yup, ini merupakan masakan ketan bersantan yang gurih dan legit dimakan bersama mangga yang kuning segar. Meskipun termasuk makanan penutup, Mango Sticky Rice nggak harus dimakan setelah yang kenyang-kenyang kok.


Tom Yam!

Bisa jadi jajanan bisa juga jadi makanan utama, Tom Yam memang tidak boleh dilewatkan ketika jalan-jalan ke Thailand. Hidangan berupa sup seafood ini disajikan dengan kuah asam pedas yang lezat. Perpaduan daun serai, daun jeruk, laos, cabai dan bumbu rahasia lainnya, sangat pas dimakan bersama nasi hangat.

Sumber: panlansangpinoyrecipes.com
Tom Yam memang wajib dicoba bagi yang tidak menderita alergi makanan laut. Ya karena isinya tidak jauh dari pilihan cumi, udang, ikan, dan kerang. Kalau kamu sudah mencoba Tom Yam  langsung di Thailand, bisa jadi Tom Yam yang dibawa ke Indonesia tidak ada apa-apanya.

Som Tam alias Salad Pepaya

Sumber: wikimedia.org

Jajanan ini sederhana, pepaya serut dicampur dengan bawang putih, cabai, tomat, dan kacang panjang, ditaburi saus ikan dan bumbu kacang. Terlihat biasa tapi rasanya luar biasa! Som Tam bisa juga disajikan dengan tambahan seafood untuk menambah kelezatannya. Rasa segar jajanan ini bakal bikin kamu ketagihan!

Cha Yen

Sumber: instagram.com @wannaooi66
Untuk mengatasi cuaca yang panas di Thailand, kamu disarankan untuk minum banyak cairan. Jangan cuma air putih saja, pesan dong Cha Yen atau Thai tea yang terbuat dari teh riyam yang dicampur dengan adas, biji asam dan susu. Cha Yen juga bisa menjadi minuman pendamping yang tepat ketika kamu mencicipi Pad Thai, Mango Sticky Rice, Tom Yam, juga Som Tam. Booth minuman ini bisa kamu temukan dengan mudah di pusat kuliner Thailand.

Kalau kamu sedang merencanakan traveling ke Thailand, mana jajanan yang bakal dicoba pertama kali dari pilihan diatas? Terus bersyukur dan tebar kebaikan. Salam. 

Komentar

  1. Ya Allah... Bile ke bise ke Thailand gratis nih. Aminnn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lah. Kalau dikasi gratis ke Thailand, saye pun mau :D Semoge ade rezekinye ye bang dwi, aamiin

      Hapus
  2. Hmm.. Kari hijau, aku lupa nama Thailandnya apa. Katanya itu kari yang paling pedas yang ada di Thailand. Yuk ke Thailand :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kari hijau? Waaa, bisa kebayang pedas, pedas nikmat makanannya.
      Yuk mba

      Hapus
  3. Penasaran sama Pad Thai deh kayaknya enak. Btw kalo mau cari makanan halal di Thailand itu di daerah mana sih kak banyaknya>

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau juga deh mba kalau tempat makanan halal di Thailand. Maaf ya gak bisa bantu jawab.

      Hapus
  4. Tom yam makanan kesukaan aku tapi aku baru tau kalo tom yam salah satu masakan thailand :D. Taunya aku makan itu enak aja sih..

    Yang Mango Sticky Rice kayanya seger banget deh, suami ku pernah icip tapi katanya biasa aja dan kurang kenyang =___=a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain kurang enak, ternyata kurang kenyang, haha.

      Sama, aku juga suka tom yam *tos*

      Hapus
  5. Suka bgt makanan thailand!! 💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti mesti langsung nyobain kuliner thailand di negerinya langsung tuh mba :)

      Hapus
  6. Saya mau Cha Yen-nya dong, baca disiang hari gini panas, butuh yang adem2....

    BalasHapus
  7. Lidah saya belum juga cocok dengan mango sticky rice. Tapi, kalau Tom Yam suka banget :)

    BalasHapus
  8. Saya sering nyobain yang Tom Yam, seger pedes dan hangat, mantap sangat. kalo yang lainnya belum pernah nyicipin. Tapi itu yang mango sticky rice agak aneh, ketan dikasih mangga, hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satu Hari Explore Korea di Jakarta

Satu Hari Explore Korea di Jakarta -  Annyeong haseyo.  Welcome back to my blog. Untuk pendahuluan, saya ingin menjelaskan bahwa saya termasuk pencinta Korea. Tapi lebih ke tourism dan budaya. Mengenal dan belajar langsung budaya Korea di negaranya menjadi salah satu impian terbesar. Merasakan pengalaman empat musim di Negeri Kimchi selalu terbayang-bayang di kepala. Sambil menunggu belajar ke negeri aslinya, saya bisa mengenal lebih dahulu budaya negeri K-Pop ini di negera tercinta. Indonesia. Ya, selagi bisa dijangkau dompet dan badan (baca: gak jauh dari tempat tinggal). Jadi, hari Sabtu lalu saya bersama dua orang sahabat saya (juga Korea Addict) berangkat dari kosan menuju Korea Cultural Center Indonesia (KCCI). Soalnya disana lagi ada event Hanbok New Experience dengan teknologi green-screen (chroma key). Itu loh yang bisa pilih background lewat komputer. Nah berita bagusnya, disana kami berksempatan untuk memakai pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok sec

Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi

Special Class: Chuseok Budaya Korea: Serunya Belajar Kaligrafi Annyeonghaseyo …. *membungkukkan badan :) Sebelumnya saya pernah curhat  menceritakan impian pada postingan: Merayakan Usia Baru: Menciptakan Impian.  Tentu traveling ke Negeri Kimichi juga menjadi impian beberapa orang, bukan? Negeri yang memiliki keindahan alam dan keunikan budaya. Salah satu kebudayaan Korea yang terkenal adalah Kaligrafi . Nah, kebetulan 25 September lalu saya mengikuti special class (kelas kaligrafi Korea) dalam memperingati Chuseok di Korean Cultural Center . Dan ceritanya telah saya tuliskan di postingan ini.

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan

Explore Keindahan Bawah Laut di Derawan - Assalamu’alaikum. Hello semuanya. Cerita di blog post kali ini adalah kisah perjalanan Bee dalam rangka menemani para pemenang Lomba Blog Cheria Halal Holiday yaitu Khairul Leon, mas Ali dan Mba Septi. Selain itu ada juga mba Evrina. Sayangnya Mba Desi Namora dan Ahmad Niam berhalangan ikut.