Selasa, Februari 27, 2018

Berburu Jajanan Favorit Thailand yang Bikin Ngiler

Assalamualaikum. Hallo semuanya! Sawadikap! Selamat datang di Thailand! Begitu sapaan khas penduduk setempat sambil menangkupkan tangan di dada. Ucapan ini akan terus terdengar sepanjang hari dan menjadi daya tarik tersendiri buat yang menyukai keramahan penduduk di destinasi liburan. Mau masuk hotel, mencari kendaraan sampai ketika membeli jajanan, pasti ada saja yang mengucapkan Sawadikap di sepanjang jalan. Bicara tentang jajanan Thailand, tidak ada yang tidak bikin ngiler! Beberapa jenis jajanan bahkan difavoritkan traveler-traveler yang pernah berkunjung ke Thailand dengan naik maskapai Jetstar. Apa saja?

Pad Thai yang Bikin Kenyang

Sumber: instagram.com @Jayitsaya
Kalau kamu pernah mencoba kwetiau goreng, Pad Thai ini mirip banget sama jenis makanan itu. Pad Thai Thailand biasanya dimasak lengkap dengan telur, tauge, udang, sayur, dengan taburan cincangan kacang goreng dan perasan air jeruk nipis. Lengkap dan mengenyangkan! Ingat, pesannya jangan 2 porsi Pad Thai, karena kamu harus mencoba jajanan lain yang ada di Thailand.

Segarnya Mango Sticky Rice

Sumber: mooimom.id
Nyaris di setiap sudut kuliner Thailand, menu Mango Sticky Rice menjadi andalan. Sudah bisa membayangkan seperti apa? Yup, ini merupakan masakan ketan bersantan yang gurih dan legit dimakan bersama mangga yang kuning segar. Meskipun termasuk makanan penutup, Mango Sticky Rice nggak harus dimakan setelah yang kenyang-kenyang kok.


Tom Yam!

Bisa jadi jajanan bisa juga jadi makanan utama, Tom Yam memang tidak boleh dilewatkan ketika jalan-jalan ke Thailand. Hidangan berupa sup seafood ini disajikan dengan kuah asam pedas yang lezat. Perpaduan daun serai, daun jeruk, laos, cabai dan bumbu rahasia lainnya, sangat pas dimakan bersama nasi hangat.

Sumber: panlansangpinoyrecipes.com
Tom Yam memang wajib dicoba bagi yang tidak menderita alergi makanan laut. Ya karena isinya tidak jauh dari pilihan cumi, udang, ikan, dan kerang. Kalau kamu sudah mencoba Tom Yam  langsung di Thailand, bisa jadi Tom Yam yang dibawa ke Indonesia tidak ada apa-apanya.

Som Tam alias Salad Pepaya

Sumber: wikimedia.org

Jajanan ini sederhana, pepaya serut dicampur dengan bawang putih, cabai, tomat, dan kacang panjang, ditaburi saus ikan dan bumbu kacang. Terlihat biasa tapi rasanya luar biasa! Som Tam bisa juga disajikan dengan tambahan seafood untuk menambah kelezatannya. Rasa segar jajanan ini bakal bikin kamu ketagihan!

Cha Yen

Sumber: instagram.com @wannaooi66
Untuk mengatasi cuaca yang panas di Thailand, kamu disarankan untuk minum banyak cairan. Jangan cuma air putih saja, pesan dong Cha Yen atau Thai tea yang terbuat dari teh riyam yang dicampur dengan adas, biji asam dan susu. Cha Yen juga bisa menjadi minuman pendamping yang tepat ketika kamu mencicipi Pad Thai, Mango Sticky Rice, Tom Yam, juga Som Tam. Booth minuman ini bisa kamu temukan dengan mudah di pusat kuliner Thailand.

Kalau kamu sedang merencanakan traveling ke Thailand, mana jajanan yang bakal dicoba pertama kali dari pilihan diatas? Terus bersyukur dan tebar kebaikan. Salam. 

12 comments:

Posting Komentar